Ini Dia Pahlawan Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

Ini Dia Pahlawan Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

Taman Makam Pahlawan atau TMP Kalibata merupakan pemakaman yang dikhususkan untuk para pahlawan termasuk mantan pejabat di Indonesia. Sudah ada ribuan jenazah yang dimakamkan di TMP Kalibata. Tapi tau nggak sih, siapa sih pahlawan pertama yang jasadnya dimakamkan di sana?

Pahlawan tersebut adalah Haji Agus Salim. Agus Salim wafat pada 4 November 1954. Semasa hidupnya Agus dikenal sebagai diplomat yang cukup disegani negara-negara di luar Indonesia. Makanya ia pernah menjabat menjadi Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia dan Menteri Luar Negeri.

Setelah meninggal memang jenazah Agus tidak langsung dimakamkan di TMP Kalibata karena pemakaman ini baru diresmikan pada 10 November 1954 atau enam hari setelah Agus meninggal dunia. Jenazah Agus awalnya dimakamkan di TMP yang ada di Ancol, Jakarta Utara kemudian dipindahkan ke TMP Kalibata.

Pahlawan Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata (Grid.ID)

Selain jenazah Agus, ada 120 jenazah lain yang dipindakan dari TMP Ancol ke TMP Kalibata lho. Saat ini banyak jenazah-jenazah pahlawan yang sudah dimakamkan di TMP Kalibata, mereka antara lain Adam Malik, para pahlawan revolusi, Jenderal TNI Abdul Haris Nasution, TB Simatupang, Laksamana Laut RE Martadinata, dan banyak pahlawan lagi.

Tapi di TMP Kalibata ini juga ada beberapa jenazah pahlawan yang tidak diketahui identitasnya. Biasanya nisan di TMP Kalibata akan tertulis “Pahlawan Tak Dikenal” dan dinyatakan meninggal pada tahun 1945. Di TMP Kalibata juga terdapat tembok besar berisikan nama-nama pahlawan yang dimakamkan di sana.

Juga ada mantan presiden BJ Habibie dan dua jenazah mantan ibu negara atau istri presiden yakni Ainun Habibie dan Ani Yudhoyono yang keduanya dimakamkan di TMP Kalibata. Ainun wafat pada 22 Mei 2010 dan Ani meninggal pada 1 Juni 2019. Keduanya meninggal di Jerman sementara Ani meninggal di Singapura.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"