Pertarunagan Sengit Santri Tebuireng Melawan Penguasa Kebo Ireng, Dukun Sakti Antek Belanda

Pertarunagan Sengit Santri Tebuireng Melawan Penguasa Kebo Ireng, Dukun Sakti Antek Belanda

Pondok pesantren Tebu Ireng udah terkenal di mana-mana. Pesantren besar Indonesia ini didirikan sama Kiai Hasyim Asy’ari. Sedangkan nama Tebuireng sederhana berasal dari daerah pesantren itu didirikan.

Pondok pesantren Tebuireng berada di Dusun di wilayah Desa Cukir, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tebuireng berasal dari kata 'kebo ireng' atau kerbau hitam.

Nama Kebo Ireng berasal dari kisah masyarakat setekmpat yang tersebar turun-temurun. Dulu ada seorang penduduk yang kehilangan kerbaunya. Kerbau ini punya kulit warnanya kuning. Suatu hari kerbaunya hilang dan ditemukan hampir mati di rawa yang banyak lintahnya.

Pondok pesantren Tebuireng (jurnaljatim.com)

Nah, karena sekujur tubuhnya pebuh dengan lintah, warna kebo itu jadi ireng gengs. Ketika ditemukan pemiliknya berteriak "kebo ireng …! kebo ireng …!". Jadi deh namanya Kebo Ireng.

Pada era berdirinya pabrik gula Cukir (Tjoekir) banyak penduduk justru malah suka mabuk.

Kiai Hasyim membeli sebidang tanah milik seorang dalang terkenal di dusun Tebuireng. Tanggal 26 Rabiul Awal 1317 H, Kiai Hasyim mendirikan sebuah bangunan kecil yang terbuat dari anyaman bambu, berukuran 6 X 8 meter. Kemudian mulai menerima santri.

Tapi gengs, banyak yang gak suka ada pesantren di Tebuireng. Selama 2,5 tahun ada aja orang yang menyerang mereka. Bisa dengan menyerang malam hari, melempar kayu hingga batu. Hingga akhirnya santri di Tebuireng belajar beladiri.

Salah satu musuh beratnya adalah dukun yang jadi sarang maksiat di Tebuireng. Dia adalah dukun yang kuat dan jadi penguasa di wilayah itu. Namanya Kebo Ireng.

Tempat maksiat dan lokalisasinya didukung sama Belanda karena dia membantu mencarikan buruh dan merampas tanah dari warga. Banyak warga yang punya hutang karena suka judi dan bermaksiat di tempat Wiro.

Wiro punya anak buah yang jadi pendekar di kampung itu. Serta seorang wanita yang terkenal cerdas bernama Sartini. Sartini adalah pemain tayub sekaligus penasehat Kebo Ireng.

Untuk melawan kemasiatan itu KH Hasyim Asy’ari melalui Kiai Sakiban memanggil beberapa santri pendekar dari Cirebon yang memiliki ilmu kanuragan mumpuni.

Kiai Saleh Benda, Kiai Abdullah Panguragan, Kiai samsuri Wanantara, dan Kiai Abdul Jamil Buntet datang dari Cirebon untuk melatih silat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"