Jurus Ganjar Pranowo Bawa Jawa Tengah Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Lima Kali Berturut-turut

Jurus Ganjar Pranowo Bawa Jawa Tengah Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Lima Kali Berturut-turut

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sumringah dan bahagia karena Provinsi Jawa Tengah kembali mendapatkan anugerah sebagai provinsi di Indonesia dalam hal keterbukaan informasi publik. Anugerah tersebut didapatkan dari Komisi Informasi Pusat dan diterima langsung oleh Ganjar di Banten pada Rabu, 14 Desember 2022 silam.

Di tangan Ganjar, Jawa Tengah mendapatkan nilai 99,95. Urutan kedua ada Provinsi Jawa Barat  dengan nilai 98,85, dan Provinsi Aceh mendapatkan nilai 98,64 dan berada di urutan nomor tiga. Anugerah ini terasa istimewa bagi Ganjar, karena untuk kelima kalinya secara berturut-turut, Jawa Tengah mendapatkan anugerah ini selama dipimpin oleh Ganjar.

Anugerah keterbukaan informasi ini diberikan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD. Kira-kira apa sih rahasia Ganjar sebagai Gubernur bisa membawa pengaruh baik dalam hal keterbukaan informasi kepada Provinsi Jawa Tengah yang dipimpinnya? “Kami mencoba memberikan informasi yang tidak masuk di kriteria dan kekinian yakni media sosial,” ujar Ganjar kepada wartawan.

Jurus Ganjar Pranowo Bawa Jawa Tengah Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Lima Kali Berturut-turut (Dok.Istimewa)

Gubernur yang dekat dengan rakyat ini menyebutkan informasi publik harus dibuka dan tidak boleh untuk ditutup-tutupi supaya masyarakat tahu akan informasi tersebut. “Nggak boleh ada yang ditutup-tutupi, maka orang boleh nutupin kaya apapun, tapi kalau video sudah ditempel ke objeknya maka semua akan jadi terbuka. Maka terbuka saja, nggak usah risih kalau kita bersih,” beber Ganjar. 

Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh elemen dan pihak-pihak yang sudah membantu Jawa Tengah mendapatkan anugerah tersebut. “Lima kali berturut-turut, menurut saya ini pertunjukkan komitmen dari kawan-kawan di Pemprov Jawa Tengah untuk membuka informasi seluas-luasnya,” tutur kader PDI Perjuangan.

Provinsi Jawa Tengah pertama kali mendapatkan anugerah Keterbukaan Informasi Publik pada tahun 2018. Ganjar kala itu  membawa Jawa Tengah menjadi juara pertama dan mendapatkan predikat sebagai provinsi terbaik nasional soal keterbukaan informasi publik. Setiap tahun Jawa Tengah terus berbenah meski sudah dapat juara, dan terbukti selama lima kali berturut-turut jadi juara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"