Ini Dia Jajaran Tokoh Genius Asal Indonesia, Ada yang Kenal?

Ini Dia Jajaran Tokoh Genius Asal Indonesia, Ada yang Kenal?

Negara kita emang kaya akan sumber daya alam. Kita juga punya segudang keunikan yang nggak dimiliki negara lain. Tapi, kalian juga perlu tau nih bahwa negara tercinta kita, Indonesia, nggak pernah kekurangan orang pinter dan genius.

Mereka adalah orang-orang hebat yang nggak kecerdasannya boleh diadu sama orang-orang di luar negeri deh. Salah satu contohnya adalah Pak Habibie yang dikenal karena handal banget bikin pesawat terbang beserta inovasi-inovasinya.

daninformen.wordpress.com

Nah, selain Pak Habibie, ada siapa lagi sih? Ini dia daftar orang-orang genius asal Indonesia. Mereka dikenal secara global karena berbagai penemuannya yang mengubah dunia pula. Hebat ya. Langsung aja yuk.

1. Ir Tjokorda Raka Sukawati, penemu Teknik Sosrobahu

1. Ir Tjokorda Raka Sukawati, penemu Teknik Sosrobahu histori.id

Sosok ini adalah dalang di balik penemuan teknik Sosrobahu. Buat yang belom tau, teknik Sosrobahu banyak diadaptasikan orang-orang di seluruh dunia untuk membangun jalan layang biar lebih optimal, cepat, dan efisien.

Dia adalah lulusan Teknik Sipil ITB. Dia menemukan teknik tersebut ketika dihadapkan pada keterbatasan lahan dan biaya saat membangun sebuah ruas tol di Jakarta.

Teknik Sosrobahu muncul sebagai solusi pembangunan setelah tersiar prediksi bahwa ruas jalan yang digunakan pembangunan terancam macet parah. Cara kerjanya seperti dongkrak. Tiang-tiang pancang yang akan menopang jalan layang di atasnya akan diputar 90 derajat setelah pengecoran beton kering.

2. Prof Dr Khoirul Anwar, penemu teknologi Broadband 4G

2. Prof Dr Khoirul Anwar, penemu teknologi Broadband 4G jadiBerita.com

Teknologi komunikasi jaman ini semakin menggila hebatnya. Kemajuan teknologi tersebut juga disumbang oleh putra bangsa, Prof Dr Khoirul Anwar, seorang profesor muda asal Kediri, Jawa Timur.

Ia menemukan peluang besar saat menliti metode komunikasi yang lebih cepat. Tapi dengan energi yang lebih sedikit. Tujuannya adalah mengatasi keterbatasan kanal komunikasi di banyak wilayah di dunia.

Penemuannya ini bahkan terinspirasi dari Spirit Ball, kekuatan Son Goku, tokoh fiksi dalam serial kartun Dragon Ball. Untuk melemparkan jurusnya, Goku harus menyerap semua energi makhluk hidup di alam semesta. Konsep itu kemudian diformulasikan dengan serangkaian rumus matematika nan rumit.

Setelah itu, jadilah teknologi broadband 4G. Sebuah sinyal yang dikirimkan secara nirkabel. Itulah yang bisa kita rasakan sekarang, koneksi supercepat yang ternyata diciptakan oleh orang Indonesia juga. Hebat!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"