Punya 46 Paten Teknologi Dunia, Berapa Kekayaan BJ Habibie?

Punya 46 Paten Teknologi Dunia, Berapa Kekayaan BJ Habibie?

Punya 46 paten teknologi dunia, berapa sih kekayaan BJ Habibie?

Semasa hidupnya, BJ Habibie pernah menjabat sebagai Presiden RI yang ke-3. Sosoknya dikenal sebagai orang yang bersahaja. Tapi siapa sangka kalo Pak Habibie adalah salah satu orang terkaya di Indonesia.

Yap, BJ Habibie adalah orang terpandang di negeri ini karena segenap prestasinya. Prestasinya gak main-main gengs, terutama di dunia teknologi.

BJ Habibie (Instagram @bj.habibie)

Kekayaan BJ Habibie yang juga pernah menjabat sebagai Presiden RI selama 1 tahun 7 bulan ini ternyata mencapai ratusan miliar loh. Kekayaannya ditaksir mencapai Rp844 miliar!

Buktinya? Beneran, masih perlu bukti?

Habibie punya beberapa rumah di Eropa. Salah satunya di Munich, Jerman yang mewah itu. Yang paling unik sih koleksi mobil mewahnya di garasi rumahnya di Jerman itu.

Koleksinya jelas nggak murah, merknya pun Mercedes Benz. Salah satunya punya harga yang fantatis, mencapai Rp6 miliar gengs.

Ini cuma salah satu contoh koleksinya eyang Habibie (gridoto.com)

Pak Habibie punya Mercedez Benz 300SL Gullwing yang diproduksi antara 1954-1957. Mobil mewah antik itu punya pintu yang dibuka secara vertikal. Mobil itu juga merupakan seri sport pertama milik Mercedes Benz.

Selain itu, barang-barang mewah lainnya milik mantan presiden ke-3 RI ini adalah dua motor besae Harley Davidson. Inilah motor yang jadi kesayangan Pak Habibie.

Dua motor Harley Davidson milik Pak Habibie itu adalah Softail Springer dan Badboy. Keduanya terparkir dan terawat di rumahnya juga.

Ya, Habibie emang cinta banget sama otomotif (jawapos.com)

Sementara menurut majalah Fast Eastern Economic Review, kekayaan BJ Habibie selama hidup mencapai 60 juta dollar AS. Itu berarti setara dengan Rp844,11 miliar gengs.

Kekayaan ini diperoleh dari banyak pateng di bidang teknologi. Bidang aeronautikalah yang menjadi keahliannya, dengan segenap penemuannya. Dia pun mengantongi sekitar 46 hak paten gengs.

Yang paling terkenal adalah teori keretakan sayap. Penemuan teori yang penting bagi dunia penerbangan ini membuatnya dijuluki sebagai Mr. Crack.

Rumah Habibie di Jakarta (idntimes.com)

Dari puluhan hak paten itu, Habibie berhak atas royalti. Apalagi, temuan di dunia teknologi dan sains amatlah banyak. Salut! Selamat jalan eyang Habibie.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"