Ini Rumah Masa Kecil BJ Habibie di Parepare, Bakal Jadi Museum?

Ini Rumah Masa Kecil BJ Habibie di Parepare, Bakal Jadi Museum?

Kayak apa sih rumah Pak BJ Habibie sewaktu kecil? Akankah dijadikan museum?

Rakyat Indonesia tengah berduka. Presiden Indonesia ke-3 BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) malam. Beliau meninggal dunia di usia 83 tahun karena penyakit yang dideritanya.

Menurut kabar terbaru, rumah masa kecilnya akan dijadikan museum, loh. Rumah tersebut terletak di Kota Parepare.

BJ Habibie (Tempo.co)

Jadi, ceritanya Pak BJ Habibie lahir di  Parepare saat orangtuanya berdinas di sana. Selain itu, Jalan lokasi rumah masa kecil BJ Habibie sekarang pakai nama ayah Habibie sendiri. Nama beliau yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie.

Dulu, ayah Habibie adalah seorang pakar pertanian namun akhirnya meninggal dunia saat Habibie masih berusia 14 tahun.

BJ Habibie (www.inews.id)

Melansir dari CNN, walikota Parepare Taufan menjelaskan kalo rencana pembuatan museum sebenernya adalah permintaan dari Habibie sendiri. 

"Ini adalah tempat yang akan kita jadikan museum satu-satunya di dunia karena dia pernah menantang saya. Dia katakan, 'saya tantang kamu Taufan untuk buat museum tapi di rumah kelahiran saya'," tutur Taufan mengenang ucapan BJ Habibie seperti dikutip dari Antara, Rabu (11/9).

Rumah BJ Habibie (Poskotanews)

Taufan juga mengungkapkan kalo Habiebie datang ke pare-pare, pasti akan datang ke rumah itu. Menurutnya, rencana pembangunan museum pernah punya kendala soal anggaran. Tetapi, dia memastikan kalo Museum Habibie udah dapet respon positif dari Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Semoga aja museumnya akan segera selesai.

Dulu rumah itu jadi aset Bank BNI, namun Taufan dan Habibie sudah sempat bertemu dengan pihak BNI untuk membicarakan rencana menjadikannya museum. Syukurlah pihak BNI mengiyakan rencananya.

Nggak cuma museum aja, ada rencana untuk bikin Taman Habibie. Gimana menurut kalian gengs?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"