Ikatan Cinta Rajai Program Paling Laris di Indonesia, Lantas Bagaimana Cara Melihat Rating TV?

Ikatan Cinta Rajai Program Paling Laris di Indonesia, Lantas Bagaimana Cara Melihat Rating TV?

Ikatan Cinta menjadi salah satu sinetron paling laris saat ini karena selalu memuncaki rating televisi di Indonesia. Rating TV memiliki arti sebuah angka dari hasil pengukuran, penilaian, dan evaluasi kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan pihak profesional terhadap stasiun televisi. Lantas bagaimana sebenarnya cara mengatur rating TV?

Dilansir dari Quora, rating TV sebenarnya bersifat rahasia. Perusahaan penghitung rating sebenarnya tidak menyebarkan hasil rating tanpa seizin pihak yang terikat kontrak dengan stasiun TV. Meskipun banyak beberapa akun Instagram yang menampilkan program-program TV yang masuk rating 10 besar.

Diduga bila rating TV disebarkan begitu saja maka bisa jadi disalahgunakan oleh oknum-oknum yang ingin melakukan perbuatan jahat, terkait daftar program-program TV masuk memiliki rating cukup baik.

Ikatan Cinta Merajai Rating TV di Indonesia (Tribun Bali)

Sebenarnya hasil rating itu langsung keluar. Hasil perhitungan rating setiap harinya tidak dikeluarkan saat itu juga karena membutuhkan waktu untuk menganalisi dan menyimpulkan tinggal "margin eror" yang dibuat serendah mungkin. Untuk pengambilan data bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur rating televisi.

Alat yang digunakan untuk mengetahui rating sebuah program digunakan people meter. Alat people meter ini hanya dimiliki oleh perusahaan khusus yang hanya diberikan kewenangan untuk mengatur rating, misalnya di Indonesia hanya ada 1 perusahaan yakni Nielsen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"