Berkas Kasus Ferdy Sambo Sudah P21, Putri Candrawathi Bakal Ditahan?

Berkas Kasus Ferdy Sambo Sudah P21, Putri Candrawathi Bakal Ditahan?

Sempat dikembalikan satu kali oleh jaksa peneliti ke penyidik Bareskrim Mabes Polri, akhirnya berkas kasus dugaan pembunuhan berencana Ferdy Sambo dinyatakan lengkap alias P21. Berkas tersebut termasuk berkas keempat tersangka lainnya yakni Putri Candrawathi, Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Maruf.  Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan akan dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam jumpa pers pada Rabu (28/9) Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Fadil Zumhana mengatakan bahwa berkas kasus Sambo sudah selesai dan lengkap. “Jaksa meneliti kelengkapan berkas pengacara formil dan materiil, semuanya telah terpenuhi dan dinyatakan lengkap menurut KUHP,” ujar Fadil.

Karena berkas sudah dinyatakan lengkap, tentu kelima terdakwa nantinya akan dilimpahkan ke Kejaksaan untuk menjalani proses persidangan, termasuk proses penahanan kepada 5 orang tersebut. Ngomong-ngomong apakah jaksa akan menahan Putri saat masuk proses persidangan nanti?

Berkas Kasus Ferdy Sambo Sudah P21, Apakah Putri Candrawathi Bakal Ditahan (CNN Indonesia)

Fadil mengatakan terkait nasib Putri akan ditahan atau tidak, merupakan wewenang dari jaksa penuntut umum (JPU) yang akan melihat apakah perlu dilakukan proses penahanan atau tidak dengan berbagai alasan yang objektif dan subjektif. 

“Kalau JPU menganggap (Putri-red) bisa melarikan diri, merusak barang bukti, tentu bisa ditahan,” ujar Fadil. Bila memang Putri tidak ditahan bisa jadi ibu 4 anak itu akan dicekal agar tidak melarikan diri keluar negeri. Memang setelah ditetapkan sebagai tersangka, Putri tidak ditahan dengan alasan memiliki anak yang masih kecil.

Tentu dengan berkas kasus sudah lengkap membuat banyak masyarakat bisa bernafas lega. Terutama keluarga Brigadir Yosua yang menantikan proses persidangan bisa segera dijalankan dengan keadilan dan transparansi, mengingat kasus itu mendapatkan sorotan dari banyak pihak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"