Bekal Ramadan: Kapan Tanggal Puncak Arus Mudik Lebaran 2024? Ini Prediksinya

Bekal Ramadan: Kapan Tanggal Puncak Arus Mudik Lebaran 2024? Ini Prediksinya

Pergerakan pemudik menuju kampung halaman mulai terlihat di stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan, bandara, hingga jalan tol. Puncak arus mudik lebaran  2024 diprediksi dimulai pada Jumat 5 April 2024 pada malam hari.

Tanggal 5 April 2024 adalah hari terakhir pegawai masuk kerja. Kemungkinan pada Jumat malam sebagian mulai berangkat menuju kampung halaman menggunakan transportasi yang berbeda-beda. Pemerintah  sendiri memprediksi puncak arus mudik akan berlanjut pada akhir pekan, Sabtu 6 April 2024 dan Minggu 7 April 2024.

Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meramal puncak arus balik lebaran pada Minggu 14 April 2024 dan Senin 15 April 2024 karena tanggal 16 April 2024 sudah memasuki haru pertama masuk bekerja.

Tanggal Puncak Arus Mudik Lebaran (CNBC Indonesia)

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat memberikan prediksi jika puncak arus mudik akan berakhir pada Senin 8 April 2024 atau H-2 lebaran. Banyaj orang memilih berangkat mudik tanggal 8 April 2024 untuk mencegah kepadatan pada akhir pekan.

Untuk pemudik yang menggunakan laut khususnya yang mudik lewat Pelabuhan Bakauheni, Lampung diprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 lebaran atau Sabtu 6 April 2024. General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengatakan mungkin setelah puncak arus mudik yang sampai di Lampung akan tetap ramai pada Minggu 7 April 2024.

Pihaknya sudah mengantisipasi peningkatan penggunaan sarana transporasi laut pada puncak arus mudik dengan menyediakan 60 kapal untuk membantu perjalanan mudik penumpang dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"