Bekal Ramadan: 4 Negara di Dunia yang Punya Tradisi Mudik Saat Lebaran

Bekal Ramadan: 4 Negara di Dunia yang Punya Tradisi Mudik Saat Lebaran

Indonesia menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki budaya mudik. Setiap lebaran ratusan juta pemudik menuju kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga. Ternyata selain Indonesia ada beberapa negara lain di dunia yang juga memiliki tradisi mudik.

1. Bangladesh

Negara pertama adalah Bangladesh. Bangladesh negara di Asia Selatan ini memiliki masyarakat yang mayoritas beragama islam. Artinya saat berlebaran banyak warga Bangladesh yang mudik ke kampung halaman. 

Jika orang Indonesia memilih untuk mudik memakai mobil atau kendaraan pribadi, warga Bangladesh memakai kapal laut dan kereta api. Makanya pelabuhan dan stasiun kereta api akan ramai saat musim liburan lebaran.

2. Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini juga memiliki budaya mudik. Namun di Malaysia bukan mudik atau pulang kampung melainkan balik kampung. Balik kampung warga berlebaran di kampung halaman bersama keluarga. Banyak masyarakat Malaysia balik kampung memakai kendaraan pribadi sehingga jalanan sangat padat. Pemerintah Malaysia pun menggratiskan biaya jalan tol selama mudik.

3. Thailand

Di Thailand ada sebagian masyarakat yang beragama Islam. Beberapa daerah di Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Islam adalah Narathiwat, Pattani, Yalla, dan Satun. Uniknya makanan khas lebaran di Thailand adalah ketupat yang disantap bersama keluarga. Selain itu mereka juga berziarah mendatangi makam keluarga yang sudah meninggal.

4. Turki



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"