Beda dari yang Lain, Ini Keunikan Pakaian Khas Suku Dayak

Beda dari yang Lain, Ini Keunikan Pakaian Khas Suku Dayak

Tidak hanya budayanya, keunikan pakaian khas Suku Dayak ternyata juga menarik untuk disimak lho. Sebab, pakaian adat suku yang tersebar di wilayah Kalimantan ini disebut berbeda dari suku-suku di Indonesia lainnya.

Seperti yang diketahui, saat ini baju adat masing-masing suku di Indonesia mulai banyak diminati karena seringnya para pejabat negara yang mengenakan baju adat pada peringatan hari besar. Nah, kalau suku Jawa punya kebaya, suku dayak juga memiliki pakaian khas yang unik banget. Apa saja keunikannya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Dibuat dari Tanaman

Keunikan Pakaian Khas Suku Dayak (via Selasar)

Keunikan pertama dari baju adat Suku Dayak adalah pakaiannya terbuat dari tanaman. Perlu diketahui, pada zaman dahulu terdapat dua jenis pakaian adat khas Dayak, yakni King Baba untuk laki-laki dan King Bibinge untuk perempuan. King sendiri adalah bahasa Dayak yang artinya pakaian.

Uniknya, pakaian tersebut terbuat dari kulit kayu yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi lunak dan menyerupai kain. Kulit kayu yang sudah diolah tersebut diberi nama kapuo atau ampuro.

2. Ada Juga Pakaian yang Berbahan Kain



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"