Pesona Ajudan Jokowi Pakai Baju Adat Dayak, Curi Perhatian

Pesona Ajudan Jokowi Pakai Baju Adat Dayak, Curi Perhatian

Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah tampil mencuri perhatian saat mendampingi Presiden Jokowi dalam penyampaian pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2023 pada Rabu (16/8). Syarif memakai baju adat Dayak. Sebagai ajudan Jokowi, Syarif berada di belakang Jokowi. Sosoknya begitu gagah dan mencuri perhatian.

Syarif berdiri di belakang sisi kanan Jokowi. Saat Jokowi menyampaikan pidato, Syarif diam menyimak dan mendengarkannya. Begitu Jokowi kembali ke tempat duduknya, Syarif juga mendampingi Jokowi. Syarif memang orang yang cukup dekat dengan Jokowi sebagai ajudan pribadi.

Baju adat Dayak yang dipakai Syarif terdiri akseskori yakni Belako. Belako adalah aksesoris pada bagian kepala yang terbuat dari anyaman daun pandan dengan pemberian manik-manik kecil dengan bulu burung enggang. Syarif juga pakai Besunung atau baju perang orang Dayak yang kini muncul dalam acara adat Dayak.

Ajudan Jokowi Pakai Baju Adat Dayak (RRI)

Baju adat Dayak jenis Besunung itu biasanya terbuat dari kulit binatang seperti harimau atau kambing. Berbahan tebal karena baju itu diharapkan bisa tahan dari senjata tajam. Saat ajudan Jokowi pakai Besunung terlihat sangat gagah layaknya kesatria di medan tempur. 

Syarif biasanya ikut dengan Jokowi dalam satu mobil. Dia duduk di kursi depan. Setiap Jokowi melakukan kunjungan kerja atau kunker, Syarif selalu mendampinginya. Syarif adalah seorang polisi yang berasal dari Kalimantan. Syarif sudah berkeluarga, memiliki seorang istri dan dua orang anak.

Sebagai ajudan Jokowi, Syarif harus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Maklum saja Jokowi adalah presiden yang memiliki aktivitas padat. Kerap blusukan mengunjungi tempat-tempat atau daerah di Indonesia. Syarif juga rutin berolahraga seperti lari dan bersepeda. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"