Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 3 Fakta Unik Suku Mante

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 3 Fakta Unik Suku Mante

Indonesia memang memiliki beragam budaya dan juga suku, salah satunya adalah suku mante. Suku ini merupakan suku asli dari Aceh yang saat ini masih menjadi misteri. Bahkan ada Fakta unik Suku Mante yang belum banyak diketahui.

Suku Mante adalah kelompok masyarakat yang hidup dari hutan ke hutan di pegunungan Aceh Tenggara, Aceh Tengah, dan daerah Pidie sekitar Tangse. Nah, kalau kamu penasaran dengan Suku Mante. Berikut ini beberapa fakta unik yang belum banyak orang tahu.

Asal-usul Suku Mante

Asal-usul Suku Mante Suku Mante (via TheMoonDoggies)

Menurut sejarah, suku Mance merupakan awal permulaan munculnya rakyat Aceh yang diketahui hingga sekarang ini. Konon, Mante merupakan nenek moyang orang Aceh, sekelas dengan Suku Lanun, Senoi, Jakun, Sakai, dan juga Semang yang ada di Aceh. Semua suku tersebut adalah keturunan dari Melayu Proto.

Suku Mante diklaim sudah ada sejak zaman kerajaan Aceh, bahkan masih satu garis keturunan dengan suku Melayu. Namun Suku Mante dianggap sebagai manusia purba karena keberadaannya yang hampir tak terlihat beratus tahun lamanya, bahkan dianggap punah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"