5 Masjid Tertua di Indonesia, Berusia Ratusan Tahun Tapi Masih Kokoh Berdiri

5 Masjid Tertua di Indonesia, Berusia Ratusan Tahun Tapi Masih Kokoh Berdiri

Di beberapa wilayah di Indonesia sampai sekarang masih kokoh berdiri masjid tertua di Indonesia. Semua masjid tertua di Indonesia berusia ratusan tahun. Masjid-masjid ini juga menjadi saksi penyebaran agama Islam di Indonesia. Mengalami proses renovasi,berikut 5 masjid tertua di Indonesia.

Masjid Saka Tunggal Baitussalam

Masjid Saka Tunggal Baitussalam adalah masjid tertua di Indonesia. Masjid ini sering disebut Masjid Saka Tunggal. Bangunan masjid ini unik karena hanya memiliki satu penyangga atau tiang penyangga di bagian utama masjid.  

Ukuran masjid ini tak luas sekitar 12 x 18 meter. Masjid ini berdiri pada tahun 1288 atau sebelum masuknya Wali Sanga di Pulau Jawa. Untuk lokasi masjid ada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, Jawa Tengah. Masjid berdiri di dalam pedesaan yang asri. Bahkan ada sejumlah kera yang hidup di sekitar masjid.

Masjid Tertua di Indonesia (KOMPAS.com)

Masjid Wapauwe Maluku

Masjid Wapauwe berada di Maluku. Masjid ini menjadi masjid tertua ke-2 di Indonesia setelah Masjid Saka Tunggal Baitussalam karena berdiri tahun 1414. Ukuran masjid ini hanya 10x10 meter. Bangunan masjid terbuat dari gaba-gaba atau pelepah sagu dengan atap rumbia. Keberadaan masjid ini menjadi pusat penyebaran agama Islam di Maluku.

Masjid Mantingan

Di pesisir utara Jawa Tengah tepatnya di Jepara ada Masjid Mantingan. Masjid ini berada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara. Masjid ini dibangun pada 1481. Masjid Mantingan dibangun oleh Ratu Kalinyamat untuk mendiang suaminya, Sultan Hadiri yang meninggal karena dibunuh Arya Penangsang.

Masjid Tertua di Indonesia (Republika)

Masjid Agung Cirebon

Di wilayah Jawa Barat ada Masjid Agung Cirebon. Masjid ini disebut juga Masjid Gunung Jati yang dibangun sekitar tahun 1498. Masjid ini memiliki kedekatan historis dengan Sunan Gunung Jati, anggota Wali Songo yang menyebarkan Islam di kawasan Jawa Barat pesisir utara.

Masjid Sunan Ampel

Berikutnya ada Masjid Sunan Ampel. Masjid yang berada di Surabaya, Jawa Timur ini didirikan  7 tahun setelah Masjid Wapauwe. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel salah satu Wali Songo. Di belakang masjid terdapat kompleks makam Sunan Ampel yang wafat pada 1481.

Untuk gaya arsitektur masjid dengan konsep campuran Jawa kuno dan Arab. Makanya di dekat masjid ada kampung Arab yang terkenal di Surabaya. Masjid ini selalu ramai karena menjadi destinasi wisata ziarah warga Jawa Timur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"