Usianya Ratusan Tahun, Ini 3 Masjid Tertua di Yogyakarta

Usianya Ratusan Tahun, Ini 3 Masjid Tertua di Yogyakarta

Semua pasti setuju kalau Yogyakarta adalah kota yang kental dengan kebudayaannya. Maka dari itu, tak heran banyak destinasi wisata sejarah dan budaya di kota pelajar ini. Salah satunya adalah masjid tertua di Yogyakarta yang hingga kini masih berdiri dan banyak dikunjungi wisatawan.

Masjid-masjid tersebut memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi arsitektur dan sejarah. Karena itu, tidak heran banyak orang yang menjadikan masjid tersebut sebagai objek wisata dan tempat beribadah. Lantas, apa saja nama masjid tertua yang ada di Yogyakarta? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Masjid Agung Yogyakarta

1. Masjid Agung Yogyakarta Masjid Tertua di Yogyakarta (via Go Trip Indonesia)

Masjid tertua pertama yang ada di Yogyakarta adalah Masjid Agung Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1773. Masjid yang menjadi pusat kegiataan keagamaan di Yogyakarta ini memiliki arsitektur klasik Jawa dengan atap tumpang, limas, dan meru.

Masjid Agung Kraton Yogyakarta bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya di Yogyakarta. Setiap tahunnya, masjid ini menjadi tuan rumah berbagai perayaan keagamaan dan acara budaya, seperti pengajian, pengajian akbar, serta upacara selamatan yang terkait dengan tradisi Kesultanan Yogyakarta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"