Mengenal Apa Itu OCD, Kelainan Mental yang Bikin Penderita Terobsesi pada Sesuatu

Mengenal Apa Itu OCD, Kelainan Mental yang Bikin Penderita Terobsesi pada Sesuatu

Dalam sebuah artikel di situs web Daily Mail Inggris, bintang sepak bola, David Beckham mengatakan bahwa dia menderita OCD. 

Ia mengatakan kondisi itu membuatnya menghitung pakaian dan menempatkan majalah dalam garis lurus dan pola simetris. Dan dia menambahkan bahwa salah satu alasan mengapa dia tetap memiliki tato adalah karena dia kecanduan rasa sakit akibat jarum suntik.

Karena dia adalah salah satu bintang olahraga paling dikagumi di dunia, tentu pengumuman ini mengurangi stigma dan rasa malu yang terkait dengan OCD dan kondisi mental secara umum. Setidaknya kita bisa berharap itu akan menjadi efek bersihnya. Lantaas, apa itu OCD dan gejalanya?

Mengenal Gangguan Obsesif Kompulsif?

Fakta tentang OCD (facebook.com)

Gangguan obsesif kompulsif (OCD) memengaruhi orang secara berbeda, tetapi biasanya menyebabkan pola pikiran dan perilaku tertentu. OCD memiliki 3 elemen utama:

1. Obsesi – di mana pikiran, gambar, atau dorongan yang tidak diinginkan, mengganggu, dan seringkali menyusahkan berulang kali memasuki pikiran seseoran. Beberapa obsesi umum yang memengaruhi penderita OCD meliputi:

- Takut menyakiti diri sendiri atau orang lain dengan sengaja – misalnya, takut Anda akan menyerang orang lain, seperti anak-anak.

- Takut melukai diri sendiri atau orang lain secara tidak sengaja. Misalnya, takut akan membakar rumah dengan membiarkan kompor menyala.

- Takut terkontaminasi oleh penyakit, infeksi atau zat yang tidak menyenangkan.

-Kebutuhan akan simetri atau keteraturan. Misalnya, Anda mungkin merasa perlu untuk memastikan semua label pada kaleng di lemari menghadap ke arah yang sama.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"