Sebenernya Ngaruh Nggak Sih Menghitung Domba untuk Atasi Insomnia?

Sebenernya Ngaruh Nggak Sih Menghitung Domba untuk Atasi Insomnia?

Pernah menghitung domba sebelum tidur? Katanya sih, cara ini bertujuan biar kita bisa langsung tidur. Cara ini dianggap efektif buat kita-kita yang sering kesulitan tidur di malam hari.

Sebenernya, menghitung domba merupakan ajaran kuno yang banyak beredar di film-film kartun. Atau mungkin di salah satu episode Mr. Bean. 

Tapi entah kenapa banyak orang tuh yang mempercayai hal ini.

Coba, hitung nih ada berapa domba di situ? (shutterstock.com)

Terlepas dari mitos atau fakta, pernah nggak kalian berpikir kenapa harus domba yang dihitung? Kenapa nggak binatang lain gitu? Ada banyak pendapat tentang hal ini. 

Dikutip dari Mental Floss, gagasan menghitung domba ini terkait dengan kebiasaan gembala-gembala di Inggris pada abad pertengahan silam. Pada jaman itu, para gembala menggunakan tanah milik umum untuk menggembala domba-dombanya.

Saat mereka akan mengandangkan domba-dombanya setiap malam, para gembala akan menghitungnya dulu. Nah, kegiatan menghitung domba ini dilakukan sebelum tidur. Malah kadang sampe gembalanya ngantuk-ngantuk tuh ngitungin domba.

Makin jauh, cara para gembala ini menghitung domba dianggap sebagai cara agar terbuai ke dalam mimpi. 

Jadi sebenernya, ini kisah yang udah lama ada gengs (dailyasianage.com)

Sebuah buku dongeng dari abad ke-12 berjudul "Disciplina Clericalis" menunjukkan bahwa menghitung domba adalah kebiasaan dalam budaya Islam selama berabad-abad. 

Lalu, apakah menghtung domba bener-bener bisa mengatasi insomnia?

Hilary Thompson, seorang konsultan kesehatan untuk kesulitan tidur mengatakan sebelum mulai menghitung domba, sebaiknya kita mencoba cara lain yang lebih manjur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"