Kata Para Ahli, Begini Cara Biar Menang Main Suwit Batu-Gunting-Kertas

Kata Para Ahli, Begini Cara Biar Menang Main Suwit Batu-Gunting-Kertas

Pernah main suwit batu-gunting-kertas gengs? Kamu menang, atau kalah terus? Ya nggak masalah sih, toh cuma permainan.

Tapi sebenernya banyak orang beranggapan bahwa menang suwit batu-gunting-kertas adalah soal keberuntungan dan kebetulan doang. Sementara sains bisa menunjukkan bahwa permainan sederhana ini bukan cuma perkara keberuntungan aja.

Permainan batu-gunting-kertas (theatlantic.com)

Suwit batu-gunting-kertas adalah soal adu strategi tentang pola, psikologi, serta statistik. Hal utama yang harus kita lakukan untuk menang main suwit batu-gunting-kertas adalah ... melawan stereotipe. Gimana nih maksudnya?

Dikutip dari Kompas.com, World Rock Paper Scissors Society menyatakan jurus pertama laki-laki biasanya adalah 'batu'. Sementara perempuan biasanya lebih suka 'kertas'.

Katanya sih, ini ada hubungannya dengan ide bahwa batu dianggap kuat dan bertenaga. Jadi laki-laki biasanya memilih hal 'batu'.

Pengin menang terus? Ada kok caranya ... (roshambopodcast.com)

Makanya, kalo lawan kamu laki-laki, ada keluarkan jurus pertama berupa 'kertas'. Sementara, kalo lawan kamu perempuan, peluang lebih besar untuk menang kalo kamu keluarkan 'gunting'.

Strategi biar bisa menang terus dalam permainan inin juga pernah diteliti oleh Zhejiang University, China. 

Para peneliti bidang teori permainan di universitas itu pernah merekam hasil 20.000 ronde suwit batu-gunting-kertas. Penilitian itu melibatkan permainan dari 360 mahasiswa. 

Para peneliti pengin tau gimana pola yang biasanya digunakan untuk memainkannya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"