Wanita Arab Modern dan Deretan Emansipasinya yang Belum Pernah Dirasakan Sebelumnya

Wanita Arab Modern dan Deretan Emansipasinya yang Belum Pernah Dirasakan Sebelumnya

Wanita Arab modern kini bisa merasakan banyak hal yang berlu pernah dirasakan sebelumnya. Ini terjadi pertama kalinya, terutama di Arab Saudi yang punya peraturan khusus tentang perempuan.

Aturan khusus itu dirasa sangat membatasi kaum perempuan di sana. Tapi kini, wanita Arab modern punya kebebasan setelah didorong oleh pemimpin de facto Arab Saudi saat ini, Pangeran Mohammed bin Salman.

Pewaris tahta Kerajaan Arab Saudi sejak tahun 2017 lalu ini telah mengambil langkah untuk mereformasi dan memodernisasi Arab Saudi. Tujuannya adalah untuk menggeser perekonomian negara dan lepas dari ketergantungan minyak. Arab Saudi juga disiapkan untuk menyongsong masa depannya.

Meski langkahnya tak selalu mulus, arah kepemimpinan pangeran berusia 33 tahun itu memberikan banyak manfaat buat kaum perempuan di sana. Simak deh ulasan soal wanita Arab modern dan deretan emansipasinya yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

#1 Boleh bepergian

#1 Boleh bepergian Wanita Arab modern kini boleh bepergian sendirian (liputan6.com)

Wanita Arab modern saat ini jadi boleh bepergian sendiri. Sebab sebelumnya, wanita baru bisa bepergian sendiri ketika mendapat izin dari wali pria atau suaminya. Kini, mereka tak perlu meminta izin lagi.

Hak ini diberikan kepada perempuan berusia 21 tahun dan haknya disetarakan dengan lelaki. Sebelumnya, perempuan hanya memiliki satu halaman paspor di paspor wali pria mereka.

Meski begitu, aturan ini tidak benar-benar membebaskan mereka. Wanita Arab modern tetap harus mendapatkan izin dari laki-laki ketika akan bepergian ke luar Arab Saudi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"