Tubuh Tetap Segar Luar dan Dalam dengan Ikuti 7 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa Ini

Tubuh Tetap Segar Luar dan Dalam dengan Ikuti 7 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa Ini

Kulit kering umum terjadi pada beberapa orang. Sebenarnya, kulit kering adalah kondisi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

Pada saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh terutama siang hari. Akibatnya, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi yang ditandai dengan gejala kulit kering.

Kurang asupan cairan tubuh dan makanan bergizi, kebiasaan malas mandi dan mencuci muka, serta malas menggunakan produk perawatan kulit bisa memperburuk kondisi kulit kering saat puasa.

Nah, untuk menghindarinya kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Oleskan pelembap

Cara mengatasi kulit kering saat puasa yang cukup ampuh adalah dengan mengoleskan pelembap sesuai jenis kulit setiap hari. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari pelembab adalah dengan cara menggunakannya sesaat setelah mencuci muka, mandi, dan juga cuci tangan.

Pastikan juga kamu menggunakan produk pelembap yang berbeda untuk wajah dan tubuh. Jangan lupa untuk mengoleskan area kulit yang kering, termasuk siku, lengan, dan kaki. Penggunaan pelembap dapat meningkatkan retensi air kulit sehingga mengunci kelembapan wajah dan kulit.

Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa (KlikDokter)

2. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit juga jadi cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering saat puasa. Eksfoliasi sendiri merupakan proses pengelupasan kulit untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering.

Kamu bisa melakukannya dengan bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus. Contoh eksfoliasi adalah dengan menggunakan cleansing brush, washcloth, dan facial scrub, oatmeal, dan lain-lain.

3. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat memperburuk kondisi kulit kering saat puasa. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen sebagai salah satu cara menjaga kulit agar tidak kering saat puasa Ramadan.

Kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Oleskan pada permukaan kulit 15-20 menit sebelum bepergian ke luar rumah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"