Tomoe Gozen, Samurai Perempuan Terkuat dalam Sejarah Jepang yang Kekuatannya Setara dengan 100 Prajurit!

Tomoe Gozen, Samurai Perempuan Terkuat dalam Sejarah Jepang yang Kekuatannya Setara dengan 100 Prajurit!

Sejarah pernah mencatat beberapa sosok perempuan terkuat yang pernah ada. Salah satunya adalah seorang perempuan bernama Tomoe Gozen. Siapa sih dia?

Kita jelas gak bisa meremehkan namanya. Karena dia disebut-sebut sebagai salah satu legenda samurai terkuat dari Jepang.

Yap, Tomoe Gozen adalah seorang samurai perempuan pertama di Negeri Matahari Terbit. Dia dikenal sangat kuat di hadapan musuh-musuhnya.

Ilustrasi Tomoe Gozen, samurai perempuan terkuat dari Jepang (sbiff.org)

Sebagai seorang samurai yang umumnya adalah laki-laki, Tomoe tetap bisa tampil mempesona. Dia adalah prajurit pemberani yang biasa menggerai rambutnya. 

Tapi, dia semakin sangar ketika mengenakan baju zirah beratnya dan membawa senjata lengkap untuk bertempur. Dia bahkan berdiri di garda depan pertahanan.

Perempan ini hidup di akhir periode Heian hingga awal periode Kamakura. Antara tahun 1157 hingga 1247 silam. Tomoe Gozen dipercaya oleh pejabat Jepang di masa itu bernama Yoshinaka. Sebab, ketangguhan Tomoe Gozen gak perlu diragukan lagi.

Tomoe gak sekadar 'tampil' gengs di medan perang. Dia terlatih dan kemampuan berperangnya luar biasa. Tomoe dikisahkan sebagai penunggang kuda yang andal. Dia juga jago memanah dan ahli pedang. Kurang komplit apa coba tuh?

Tomoe Gozen, samurai perempuan terkuat di Jepang (pinterest.com)

Saking kuatnya, Tomoe Gozen bahkan disetarakan dengan 100 orang prajurit loh. 

Salah satu kisah heroik Tomoe Gozen adalah dalam pertemupran antara Yoshinaka dengan pasukan Yoritomo dalam Perang Awazu pada Februari 1184.

Dalam perang itu, Tomoe Gozen pernah menebas leher salah satu kepala musuh sampe putus!

Meski Yoshinaka dan pasukannya bertarung dengan berani dan gak kenal ampun, tapi akhirnya kalah juga. Soalnya pasukan Yoshinaka kalah jumlah dari pasukan musuh.

Yoshinaka yang percaya banget sama Tomoe Gozen menginginkan Tomoe agar gak ditangkap musuh. Yoshinaka kemudian meminta Tomoe untuk kabur. Akhirnya Yoshinaka pun mengorbankan dirinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"