Tips Memilih Calon Suami Menurut Islam, Berdasarkan Al Quran dan Hadist Nabi

Tips Memilih Calon Suami Menurut Islam, Berdasarkan Al Quran dan Hadist Nabi

Suami adalah pasangan yang seumur hidup akan mendampingi kita. Tidak hanya dilihat dari parasnya yang tampan dan menawan. Tapi juga sikap dan perilakunya. Kalau sampai salah pilih kehidupan rumah tangga yang akan dipertaruhkan.

Nah, dalam Islam sudah ada tips memilih calon suami menurut islam loh. Biar kehidupan rumah tangga sakinah, mawaddah, warohmah gitu.

Tips memilih Calon Suami Menurut Islam

Tips memilih Calon Suami Menurut Islam (pinterest.com)

1. Seiman

Tips memilih calon suami yang pertama adalah beragama Islam. Supaya bisa membimbing keluarga semakin mendekat kepada Allah SWT. Seperti yang tertera dalam firman Allah SWT yang artinya:

"…Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mu’min) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu’min lebih baik daripada orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya…" (Q.S. Al-Baqarah: 221).

2. Rajin beribadah dan taat agama

Setelah agama, dilihat juga gengs dia taat gak orangnya. Kalau cuma KTP aja ya sama juga boong. Tips memilih calon suami menurut Islam selanjutnya adalah yang taat beragama dan menjauhi kemaksiatan.

Seperti yang di sebutkan dalam hadits Nabi Muhammmad SAW yang artinya:

"Bila datang seorang laki-laki yang kamu ridhoi agama dan akhlaknya, hendaklah kamu nikahkan dia, karena kalau engkau tidak mau menikahkannya, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas." (H.R. Tirmidzi dan Ahmad).

Suami yang taat agama bisa membimbing dan menjauhkan keluarganya dari siksa api neraka. Menjadi imam yang baik untuk keluarganya. Firman Allah menyebutkan:

"Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah atas perintah Allah kepada mereka dan selalu taat pada apa yang diperintahkan." (Q.S. At-Tahriim: 6).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"