Ternyata, Gaya Rambut Bisa Jadi Kunci Kesuksesan Saat Interview Lho! Begini Penjelasannya

Ternyata, Gaya Rambut Bisa Jadi Kunci Kesuksesan Saat Interview Lho! Begini Penjelasannya

Ketika menghadiri sesi interview kerja, pastinya kita ingin terlihat baik di depan pewawancara. Gak cuma mementingkan riwayat hidup dan pengalaman kerja saja, tapi penampilan juga bisa jadi kunci penting supaya wawancara kamu berjalan baik.

Menurut Career Coach and Professional Trainer Lika Satvarini, gaya rambut bisa sangat penting untuk menunjukkan profesionalitas seorang pelamar.

"Saya ada cerita dari teman saya, dia rekruter untuk pramugari. Jadi ada 10 perempuan yang diwawancara, dua di antarnya gaya rambut sudah cepol atau potong bob pendek gitu seperti pramugari. Sedangkan delapan lainnya, macam-macam kan gayanya. Hasilnya, yang dua orang itu langsung diterima," cerita Lika saat konferensi pers di TRESemmé Professional Hair Studio, Lippo Mall Kemang, Selasa (30/8/2022).

Gaya rambut jadi poin penting untuk keberhasilan wawancara kerja (pexels.com)

"Jadi itu untuk memperlihatkan bahwa kita ready to work bahkan sebelum kita dipekerjakan," imbuhnya.

Sedangkan pada industri formal seperti bank atau pemerintahan, menggunakan gaya rambut simpel dan rapi bisa jadi poin yang sangat penting.

Ada baiknya juga jika pelamar tidak mewarnai rambutnya dengan warna yang terang. Berbeda dengan industri kreatif, dimana pelamar bisa berkreasi dengan gaya rambutnya untuk menunjukkan sisi kreatif diri.

"Kalau industri sangat formil, seperti perbankan atau BUMN yang sangat ketat aturannya, itu rambut harus hitam atau paling tidak cokelat tua. Karena itu warna-warna yang memberikan kesan formin dibanding dengan warna lebih blonde atau tembaga itu lebih playfull. Warna itu lebih cocok untuk bidang marketing atau sales," jelasnya.

Lika juga mengingatkan untuk jangan ada potongan rambut yang menutupi area wajah.

"Yang pasti rambut jangan menutupi wajah, kalau perlu dijepit. Itu memperlihatkan enggak ada yang ditutup-tutupi, jadi perekrut melihat kita apa adanya," saran Lika.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"