Sudah Tahu Belum? 5 Kebiasaan Mandi Ini Justru Bisa Bikin Kulit Kering, Jangan Dilakukan Lagi Ya!

Sudah Tahu Belum? 5 Kebiasaan Mandi Ini Justru Bisa Bikin Kulit Kering, Jangan Dilakukan Lagi Ya!

Mandi  merupakan salah satu ritual yang jadi bagian penting dalam perawatan kulit karena bisa menghilangkan bau badan dan kotoran serta membuat kulit ha;us. Tapi ternyata, belum tentu semua orang yang rajin mandi akan memiliki kulit yang halus dan sehat. Ada dari mereka yang kulitnya justru kering setelah mandi. Bahkan kekeringan yang dialami bisa terbilang ekstrem atau yang dikenal dengan istilah eczema.

Sebagai informasi, eczema merupakan salah satu gangguan kulit yang umumnya ditandai dengan gatal-gatal, ruam atau kemerahan, kulit bersisik atau kulit menjadi retak. Hal ini ternyata juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan mandi yang salah loh! Lantas apa saja kebiasaan mandi yang bisa membuat kulit kering? Scroll artikel ini sampai habis ya!

1.    Pemilihan Sabun

Jenis sabun yang kita gunakan ternyata mempengaruhi baik atau buruknya kebiasaan mandi kita. Sabun yang banyak mengandung zat kimia cenderung akan mengikis kelembapan kulit dan membuat kulit tidak lagi memiliki lapisan lemak yang berfungsi mencegah kulit jadi bersisik atau retak. Jadi disarankan untuk menggunakan sabun antialergi yang tidak menggunakan pewangi. Tapi selain itu, kamu juga bisa memilih sabun dengan kandungan asam strearat atau mencantumkan kata ‘melembapkan’ di kemasannya.

2.    Sesuaikan Suhu Air Mandi

Foto: Mandi (Tribun)

Beberapa dari kamu mungkin lebih suka mandi dengan air panas. Apalagi cuaca yang terlalu dingin sering membuat kita betah berlama-lama mandi dengan air panas. Padahal, kebiasaan ini bisa membuat kulit kering. Suhu air yang terlalu panas bisa mengkikis minyak alami yang dibutuhkan kulit sehingga kelembapan kulit jadi berkurang. Mandi akan semakin baik jika menggunakan suhu yang rendah (dingin).

3.     Mandi Terlalu Lama

Sebagian dari kita punya kebiasaan betah di kamar mandi. Kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan diri. Padahal kalau kulit terlalu sering terkena air saat mandi, maka air itu akan ikut membilas kadar minyak dan kelembapan pada kulit. Karena itu, disarankan untuk mandi setidaknya 5-10 menit saja untuk menjaga kesehatan kulit.

4.     Tidak Membilas Tubuh Dengan Baik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"