Benarkah Mandi Air Dingin dan Berenang Bisa Perbaiki Mood serta Baik untuk Kesehatan Mental? Simak Faktanya!

Benarkah Mandi Air Dingin dan Berenang Bisa Perbaiki Mood serta Baik untuk Kesehatan Mental? Simak Faktanya!

Kesehatan mental menjadi perhatian layanan National Health Services (NHS). Pasalnya, semakin banyak orang, baik tua maupun muda, muncul dengan berbagai kondisi kesehatan mental.

Dalam dua tahun belakangan, kekhawatiran kesehatan ini muncul ketika orang-orang "dipaksa" tinggal di dalam rumah selama pandemi Covid-19. Mereka menjalani banyak kehidupan jauh dari kegiatan fisik, teman, dan keluarga seperti sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, pendekatan terhadap kesehatan mental saat ini dianggap sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mulai dari terapi perilaku kognitif hingga antidepresan, kelompok pendukung sampai pusat dukungan, ada banyak bantuan yang tersedia bagi mereka yang membutuhkan.

Mandi Air Dingin dan Berenang Bisa Perbaiki Mood (KlikDokter)

Para ilmuwan telah menemukan cara sederhana dan biaya rendah untuk meningkatkan kesehatan mental, yaitu melalui olahraga. Aktivitas dan berolahraga dapat melepaskan endorfin dalam tubuh sehingga meningkatkan suasana hati seseorang.

Metode simpel lainnya untuk meningkatkan kondisi kesehatan mental, seperti kecemasan, adalah mandi air dingin. Mungkin mandi air dingin tidak selalu sesuai dengan selera banyak orang. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa hal itu dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan mental, lho.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2020 lalu menemukan bahwa 61 persen peserta yang mengambil bagian dalam periode 10 pekan berenang dengan air dingin mengalami peningkatan suasana hati yang lebih besar dibandingkan keluarga dan teman-teman mereka yang hanya menonton dari pantai. Percobaan besar lain dari renang air telah dilakukan di Inggris, tapi hingga kini belum ada hasilnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"