Setelah Keguguran, Berapa Lama Wanita Bisa Hamil Lagi?

Setelah Keguguran, Berapa Lama Wanita Bisa Hamil Lagi?

Seorang ibu hamil yang mengalami keguguran tentu mendatangkan kesedihan karena ia dan suami sudah bahagia menanti kehadiran si buah hati, namun harus kehilangan karena beberapa faktor. Bagi ibu hamil yang pernah keguguran jangan terlalu sedih dan tetap harus berpikir positif, karena kesempatan untuk hamil terbuka lebar.

American Pregnancy Association menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada waktu yang sempurna bagi wanita mau hamil lagi setelah mengalami keguguran. Setelah kondisi kesehatan dan mental sang ibu membaik, tidak ada salahnya untuk mencoba berkonsultasi dengan dokter untuk membahas program kehamilan.

Biasanya dokter menyarankan agar ibu hamil setelah 2 hingga 3 kali melewatkan masa menstruasi. Ada juga dokter yang memberikan imbauan kepada pasien agar hamil setelah 6 bulan keguguran, sebab kondisi kesehatan ibu, terutama kondisi rahim pasca keguguran berbeda-beda setiap orang.

Ilustrasi Ibu Hamil Keguguran (KlikDokter)

Jika memang kondisi kesehatan rahim dan mental  belum siap, sebaiknya tunda dulu untuk sesaat karena tubuh juga perlu waktu dalam proses penguatan kembali lapisan endometrium dalam rahim. Dalam proses merencanakan kehamilan usai keguguran untuk mengkonsumsi vitamin prenatal dan asam folat untuk menguatkan rahim.

Dilansir dari Mayo Clinic, keguguran hanya terjadi satu kali pada wanita karena cuma 1 persen wanita yang bisa keguguran lebih dari satu kali. Bagi wanita yang pernah keguguran tetap harus yakin selama proses kehamilan dilakukan dengan baik, maka keguguran tak akan terulang selama dijalani dengan disiplin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"