Sering Salah Kaprah, Monokrom Ternyata Tidak Hanya Hitam-Putih Saja, Ini Faktanya

Sering Salah Kaprah, Monokrom Ternyata Tidak Hanya Hitam-Putih Saja, Ini Faktanya

Banyak orang yang menafsirkan kalau monochrome atau monokrom adalah perpaduan antara warna hitam  dan putih . Dalam istilah Bahasa Indonesia, monokrom memang identik dengan warna hitam dan putih. Padahal hal ini merupakan sesuatu yag salah kaprah.

Foto: Monokrom (Everbestshoes.com)

Fashion designer asal Malang, Kalluella Adjanie rupanya ikut gerah dengan anggapan monokrom tersebut. Dia pun menjelaskan kalau monokrom merupakan warna tunggal yakni bersumber dari satu warna, jadi bukan warna hitam dan putih saja.

"Harmoni warna monokromatik itu bersumber dari satu warna. Bukan hanya hitam dan putih. Semua warna. Cuman kita mainkan value dan intensitas warnanya," ujar desainer yang juga pengajar di sekolah mode Quinna School of Fashion yang dikutip dari JatimTIMES.

Lebih lanjut, dia mencontohkan penggunaan harmoni warna merah dalam konsep monokramtik di bidang fashion. "Misalnya kita mau desain baju dengan harmoni warna monokromatik merah, kita mainkan nih value dan intensitasnya, bisa pake merah, merah tua, merah lebih tua lagi, merah muda, soft pink," sambungnya.

Dalam bidang interior, monokrom sering digunakan untuk penggunaan pada setiap permukaan benda yang tampak dalam satu ruangan. Warna yang digunakan bisa memakai variasi terang-gelap dari sebuah warna. Misalnya, tone abu-abu atau warna yang lebih pucat dipadukan dengan putih, hitam atau warna netral lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"