Satu Pertanyaan Bisa Bikin Komunikasi dengan Pasangan Membaik, Banyak Pujian Justru Bahaya!

Satu Pertanyaan Bisa Bikin Komunikasi dengan Pasangan Membaik, Banyak Pujian Justru Bahaya!

Kalau pacaran kita bakalan sering ngasih kata-kata gombal pada pasangan. Memberikan pujian atau kalimat manis lainnya. Tapi apakah mereka akan selalu percaya dengan semua itu?

Terutama buat yang LDR atau jarang ketemu. Kepercayaan adalah satu hal penting yang gak boleh hilang. Meskipun cinta adalah kualitas yang cenderung kita muliakan paling banyak dalam hubungan romantis, kepercayaan sama pentingnya.

Merasa hubungan gak baik (thesocialman.com)

Ini adalah unsur cinta yang harus terus menerus membara. Kalau kamu ingin secara aktif menumbuhkan kepercayaan yang lebih dalam dengan pasangan, penelitian baru udah menemukan caranya. Hanya dengan satu pertanyaan.

Para peneliti dari University of Waterloo melakukan lima studi dengan orang-orang dalam hubungan romantis yang menderita masalah yang sama: Satu pasangan memiliki pendapat yang buruk tentang diri mereka sendiri.

Rasa tidak aman ini membuat pasangan itu lebih cenderung menolak ekspresi pujian dan penghargaan. Bahkan dari orang-orang terdekat mereka. Akhirnya jad merasa kurang puas dalam hubungan.

Pertengkaran pasangan (powerofpositivity.com)

Kalau pasangan kamu udah yakin akan dirinya sendiri, sesekali pujian akan memiliki efek yang diinginkan untuk menegaskan kembali padanya kalau dia bisa percaya sama kamu. Hal ini bisa memperkuat hubungan.

Tapi ketika pasangan merasa tidak aman tentang diri mereka sendiri, dipuji dapat memicu reaksi cemas. Sebaliknya, pujian menjadi pemicu keragu-raguan dari pasangan mereka karena pujian itu bertentangan dengan emosi negatif yang mereka miliki terhadap diri mereka sendiri.

Untuk menghindari komunikasi kalian jadi bumerang, para peneliti menemukan bahwa kepercayaan diperoleh dengan mengajukan pertanyaan sederhana dan bermakna tentang pengalaman sehari-hari mereka. Cukup bertanya, "Bagaimana harimu?" dan kemudian mendengarkan jawaban dengan sadar dan perhatian tulus pada bagaimana perasaan dan perasaan mereka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"