Punya Pacar Posesif dan Gampang Cemburu? Tenang! Ini 4 Cara Menyikapinya

Punya Pacar Posesif dan Gampang Cemburu? Tenang! Ini 4 Cara Menyikapinya

Dalam menjalin hubungan asmara, perasaan cemburu yang muncul sesekali merupakan hal yang wajar. Kamu dan pasangan barangkali juga menganggap hal ini sebagai sesuatu yang menggemaskan. Sebab, pepatah lama mengatakan cemburu tanda cinta. Namun, perasaan cemburu yang muncul terus-menerus dan berlebihan ternyata tidak mengenakkan dan cenderung posesif.

Bahkan, hal ini bisa berkembang menjadi emosi negatif yang dapat merusak hubungan kalian, lho. Perasaan cemburu berlebih terhadap pasangan atau posesif bisa saja muncul dari rasa takut kehilangan dan pengalaman masa lalu yang tidak terselesaikan. Seseorang dapat menjadi posesif saat mereka ingin mengendalikan, memanipulasi, dan merasa tidak nyaman dengan pasangannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menemukan cara tepat mengelola kecemburuan pasangan sebelum hal ini berubah menjadi sesuatu yang berlebihan dan mengarah ke posesif. Nah, berikut adalah beberapa kiat untuk menyikapi pacar yang posesif dan gampang cemburu, Ladies.

Keep read!

1. Menjaga komunikasi

Ilustrasi Hubungan Asmara yang Sehat (Shutterstock)

Ingatlah bahwa komunikasi adalah kunci dari setiap hubungan. Jika kecemburuan dan sikap posesif pasanganmu mulai memengaruhi hubungan, komunikasikan masalah ini kepada pasangan. Kamu juga perlu memberi tahu dia bahwa kalian perlu mengatasinya bersama.

Jika pasangan cenderung mengatur segala hal detail tentangmu, curiga, atau tidak mau lepas darimu, dia kemungkinan takut ditolak dan ditinggalkan dalam hubungan. Kenali penyebab pasangan bersikap posesif dan bicarakan jalan keluar dari masalah ini.

Ketika pasangan mencoba terbuka dengan penyebab kecemburuan mereka, jangan coba-coba untuk menjadi defensif dan menyangkal dengan argumenmu. Cobalah untuk berbicara dengan nada yang rendah dan tenang, lalu coba introspeksi diri.

2. Memberikan perhatian

Berikan perhatian kepada pasanganmu, ini akan menekan perasaan negatif mereka. Hal ini juga akan membantunya sadar bahwa kamu benar-benar perhatian dan akan selalu ada di saat-saat tersulit mereka. Beri mereka lebih banyak perhatian ketika mereka merasa rentan mengalami kecemburuan.

3. Menetapkan batasan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"