Pernah Viral, Begini 5 Cara Mengolah Kulit Manggis Jadi Minuman Sehat!

Pernah Viral, Begini 5 Cara Mengolah Kulit Manggis Jadi Minuman Sehat!

Siapa yang masih ingat sama iklan ekstrak kulit manggis yang pernah viral beberapa tahun lalu? Yup, kulit manggis emang punya banyak manfaat lho, Gengs.

Cara mengolah kulit manggis juga terbilang cukup mudah. Tanpa membutuhkan peralatan khusus, kamu sudah bisa menyajikan minuman enak.

Bukan cuma memiliki cita rasa yang enak, olahan kulit manggis ini juga sehat. Sebab, bagian terluar buah tersebut diketahui mengandung sejumlah nutrisi. Salah satu senyawa yang terkandung dalam kulit manggis adalah xanthon.

Sebagai informasi, xanthon diketahui berkhasiat sebagai antioksidan dan antikanker, seperti yang tertulis dalam buku "Kulit Manggis - Hidup Sehat Berkat Sang Ratu yang Berkhaisat" (2013) oleh Warisno, S.PKP, Kres Dahana terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Cara Mengolah Kulit Manggis Jadi Minuman Sehat (KlikDokter)

Selengkapnya, simak lima cara mengolah kulit manggis menjadi minuman berikut ini.

1. Bersihkan Kulit Manggis

Kamu harus membersihkan kulit manggis terlebih dahulu sebelum diolah menjadi minuman sehat. Pertama, cukup cuci kulit manggis yang telah dipilah menggunakan air hingga bersih dari kotoran.

2. Potong Kulit Manggis Jadi Berukuran Kecil-Kecil

Dr Ir Darda Efendi, Dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB sekaligus Peneliti Senior di Pusat Kajian Hortikultura Tropika IPB mengatakan, kulit manggis harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu agar mudah diproses.

"Selagi masih lunak kulit manggisnya, kita cacah dulu kecil-kecil karena kalau sudah kering, dia keras sekali," ujar Darda dikutip dari Kompas.com, Rabu (5/1/2022).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"