Perempuan Wajib Tahu! Bagaimana Ciri-Ciri Keputihan Abnormal yang Wajib Kamu Waspadai?

Perempuan Wajib Tahu! Bagaimana Ciri-Ciri Keputihan Abnormal yang Wajib Kamu Waspadai?

Kamu tentu tahu keputihan memiliki fungsi yang penting dalam sistem reproduksi wanita. Keputihan merupakan cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim untuk membawa sel-sel mati dan bakteri. Dengan mengeluarkan cairan ini, kebersihan vagina pun terjaga sehingga dapat mencegah infeksi.

Umumnya, keputihan itu normal. Jumlah, bau, dan warnanya pun dapat bervariasi.  Misalnya ada yang bening hingga putih susu. Semua bisa tergantung pada waktu dalam siklus menstruasi Anda. 

Misalnya, akan ada lebih banyak cairan saat kamu sedang berovulasi, menyusui, atau terangsang secara seksual. Mungkin baunya berbeda saat kamu hamil atau saat kamu kurang menjaga kebersihan.

Tak satu pun dari perubahan itu yang menimbulkan kekhawatiran. Namun, jika warna, bau, atau konsistensi tampak berbeda dari biasanya, terutama jika jugamengalami gatal-gatal atau sensasi terbakar pada vagina, kamu mungkin mengalami infeksi atau kondisi lain.

Nah, di bawah ini ada beberapa tanda keputihan abnormal yang wajib kamu ketahui, Ladies!

1. Berdarah atau Berwarna Coklat

Daun sirih konon bisa mengatasi masalah keputihan (orami.co.id)

Jika kamu tidak sedang akan datang bulan atau selesai datang bulan. Tapi ada bercak darah atau keputihan yang kecoklatan, kamu perlu waspada. Bisa jadi itu gejala kanker serviks. Apalagi jika disertai sakit di bagian panggul.

2.  Berwarna Kuning

Jika keputihanmu punya warna kuning pucat dengan sedikit darah dan sulit buang air kecil dan nyeri di panggul, bisa jadi kamu menderita Gonorrhea. Coba cari tahu lebih lanjut soal penyakit ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"