Panduan dan Tips Menyapih Anak dengan Cinta, Pelan-Pelan Secara Bertahap

Panduan dan Tips Menyapih Anak dengan Cinta, Pelan-Pelan Secara Bertahap

Apakah Bunda merasa sudah siap untuk menyapih sepenuhnya? Apakah anak sudah cukup umur? Jika jawabannya adalah 'iya', sebaiknya Bunda dan si kecil melakukannya secara bertahap, dan dengan cinta. 

Sebab jika Bunda menyapih secara tiba-tiba, kemungkinan besar payudara Bunda akan membengkak dan menimbulkan infeksi payudara. Si kecil mungkin juga akan menolak peralihan dari payudara yang hangat dan lembut ke pengganti plastik seperti botol atau gelas. Dia mungkin akan sangat sedih karena tiba-tiba kehilangan kenyamanan akan menyusu langsung.

# Cara Menyapih dengan Cinta

Tidak ada batasan berapa tahun Bunda harus menyusui si kecil. Jika Bunda dan si kecil menikmati pemberian ASI, tidak ada alasan untuk berhenti. Bunda dan si kecil akan terus mendapatkan manfaat dari menyusui selama Bunda mau. Banyak ibu memilih untuk menyapih secara alami, membiarkan anak mengatasi kebutuhannya secara bertahap, pada waktunya sendiri.

Namun, jika dirasa sudah cukup berat untuk terus menyusui langsung, padahal usia si kecil sudah tak bayi lagi, cobalah untuk menyapihnya secara bertahap.

Misalnya dengan menyapih pada siang hari tetapi hanya menyusu pada malam hari karena pemberian makan pada malam hari biasanya merupakan waktu terakhir. Atau menyapih pada malam hari namun tetap mengizinkan menyusui pada siang hari. Tidak perlu semuanya atau tidak sama sekali.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"