Nggak Pakai Bra Bisa Bikin Payudara Kendur? Mitos atau Fakta? Ini Jawabannya

Nggak Pakai Bra Bisa Bikin Payudara Kendur? Mitos atau Fakta? Ini Jawabannya

Semua wanita pasti menginginkan punya payudara kencang dan ukurannya ideal. Nah, ada mitos tentang tidak memakai bra bisa membuat payudara kendur, nih. Bener nggak sih?

Pada kenyataannya banyak wanita kerap tidak mengenakan bra karena merasa sesak atau takut dengan penyakit tertentu. Dr Deborah Lee dari Dr Fox Online Pharmacy pun mencari tahu tentang kebenaran pemakaian bra bisa mempengaruhi payudara kendur atau tidak.

Pemakaian bra sering kali terasa tak nyaman atau sesak sehingga melepaskannya akan membuat area payudara lebih lega. Namun, sejumlah bukti medis dan ilmiah membuat kita percaya bahwa wanita harus memakai bra. Duh, mana yang bener nih?

"Tujuan utama bra adalah untuk menopang payudara saat melawan gaya gravitasi alami, yang bisa menarik payudara ke bawah dan berpotensi mengakibatkan kerusakan pada otot polos, jaringan elastis dan ligament suspensori yang menyusun jaringan payudara," ungkap Dr Lee, dilansir dari Express pada Senin (9/5/2021).

Ilustrasi Tidur Tanpa Bra (KlikDokter)

Selain itu, jaringan payudara secara alami akan mengendur karena penuaan. Artinya, pemakaian bra masih tetap berlanjut sampai usia tua. Bakan penggunaan bra sangat disarankan dan bermanfaat saat olahraga atau bergerak aktif.

"Sebab, payudara mesti disangga dengan baik selama olahraga. Studi menunjukkan beberapa bra memberikan dukungan yang lebih baik dengan mengurangi ketidaknyamanan payudara ketika olahraga," tuturnya.

Dr Lee juga menegaskan bahwa ukuran bra merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan karena bisa memengaruhi kemampuannya menyangga payudara saat olahraga.

Perlu diketahui, banyak orang paham fungsi utama pemakaian bra sebagai penyangga payudara. Namun, kebanyakan wanita memakai ukuran yang salah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"