Mitos Atau Fakta? Ibu Hamil Wajib Bawa Gunting Di Mana Saja, Ternyata Ini Maksud Dan Tujuannya

Mitos Atau Fakta? Ibu Hamil Wajib Bawa Gunting Di Mana Saja, Ternyata Ini Maksud Dan Tujuannya

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui kalau ada banyak tradisi yang masih dipercaya dalam keseharian masyarakat termasuk penduduk di Pulau Jawa. Terlebih terkait dengan kehamilan . Orangtua memiliki banyak larangan untuk ibu hamil.

Salah satunya adalah wanita yang sedang hamil tidak boleh menjahit baju. Namun selain itu, ada tradisi yang sampai sekarang masih banyak dipercaya adalah ibu hamil wajib membawa gunting  atau pisau kecil kemana pun dan dimana pun.

Foto: Ilustrasi Gunting (Grid.ID)

Benda tersebut dipasang di pakaian atau hanya sekadar disimpan di dalam tas saja. Terkait hal ini, apa yang pertama kali kamu pikirkan saat mendengarnya? Banyak orang percaya kalau mitos  ini bertujuan agar janin terhindar dari marabahaya.

Pasalnya, menurut kepercayaan orangtua zaman dahulu, perempuan yang sedang hamil memiliki aroma harum yang digemari oleh makhluk halus. Jadi, gunting dan pisau kecil itu berfungsi untuk menangkal supaya ibu hamil tidak diganggu oleh makhluk halus.

Akan tetapi, dikutip dari Fimela.com, tradisi ini hanyalah mitos semata. Tidak ada alasan logis yang menjelaskan terkait mitos itu. Malah, bahaya bisa terjadi kalau gunting atau pisau kecil yang dibawa bisa menusuk kulit sang ibu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"