Miliki Banyak Manfaat, Bolehkah Mencuci Muka dengan Air Dingin?

Miliki Banyak Manfaat, Bolehkah Mencuci Muka dengan Air Dingin?

Mencuci muka adalah rutinitas yang wajib dilakukan agar kulit wajah senantiasa bersih dan sehat. Tidak hanya dengan air biasa, beberapa orang bahkan mencuci muka dengan air dingin. Bolehkah demikian?

Mengutip Halodoc, disebutkan bahwa mencuci muka dengan air dingin ternyata memiliki banyak manfaat, seperti mengecilkan pori-pori, menyegarkan wajah, menjadikan makeup lebih tahan lama, mengatasi pembekakan wajah, mencegah penuaan dini, dan mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Bolehkah Mencuci Muka dengan Air Dingin Setiap Hari?

Bolehkah Mencuci Muka dengan Air Dingin Setiap Hari? Mencuci Muka dengan Air Dingin (via Liputan6)

Melihat dari semua manfaat tersebut, lantas bolehkah mencuci muka dengan air dingin setiap hari? Mengutip Healthline melalui Kompas, menurut Sophia Knaap, seorang ahli kosmetik berlisensi di lini perawatan kulit kenamaan, Oxygenetix, meski mencuci muka dengan air dingin memiliki banyak manfaat, namun ternyata rutinitas ini tidak selamanya efektif.

Ada beberapa kondisi yang justru menyebabkan munculnya masalah kulit dari metode mencuci muka ini. Hal ini disebabkan karena air dingin dapat mengencangkan pori-pori, sehingga bakteri dan kotoran dapat terperangkap di dalamnya.

Meski digadang-gadang memiliki banyak manfaat, ternyata mencuci muka dengan air dingin juga memiliki banyak kekurangan, di antaranya seperti tidak maksimal dalam membersihkan wajah, membuat kotoran terjebak di dalam pori-pori, dan tidak nyaman di kulit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"