Merawat Kulit Kering dan Kusam Agar Lebih Kinclong

Merawat Kulit Kering dan Kusam Agar Lebih Kinclong

Kulit kamu kering, kusam, dan keliatan capek? Yuk ikuti cara ini biar wajahmu lebih sehat merona lagi.

Salah satu masalah kulit wajah yang banyak dialami cewek-cewek adalah kering dan kusam. Meski udah ditutupin makeup, kadang masalah kulit tersebut tetap terlihat. Kulit wajah jadi kelihatan nggak sehat karena terlalu kering dan nggak bercahaya. 

Kulit wajah yang kering dan kusam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya kulit mengalami dehidrasi, faktor lingkungan, stres, sering kurang tidur, merokok, atau nggak jaga asupan makanan. Selain menghindari faktor pemicu tersebut, kamu juga bisa melakukan perawatan harian kayak berikut.

Jangan lupakan kebersihan kulit wajah (beautyheaven.com.au)

Rutin membersihkan wajah 

Setiap pagi dan malam, jangan lupa untuk membersihkan wajah. Kamu bisa double cleansing, ditambah pakai micellar water dan toner untuk menghapus sisa makeup dan kotoran setelah beraktivitas seharian. Kulit yang bersih bisa membuat skin care lebih menyerap ke dalam kulit dan bekerja dengan maksimal. 

Sesuaikan jenis pelembap

Jangan lupa untuk memilih produk pelembap yang memang sesuai dengan jenis kulitmu. Salah pilih pelembap bisa bikin kulit makin kering atau dehidrasi lho, gengs. Kalau kulitmu kering, coba cari produk pelembap dengan kandungan asam hialuronat, dimetikon, gliserin, dan lanolin. Kalau kulit kamu juga sensitif, cari produk yang hipoalergenik dan bebas pewangi.

Pakai sheet mask (evoke.ie)

Masker

Untuk perawatan di rumah, kamu bisa rajin maskeran dari bahan-bahan alami kayak minyak kelapa, lidah buaya, madu dan tomat, campuran pepaya dan nanas, putih telur, dan kunyit. Tapi kalau mau yang praktis, bisa juga kok selang-seling dengan pakai sheet mask. 

Minyak

Ada banyak face oil yang bisa bikin kulitmu lebih lembap, sehat, merona, dan kinclong. Ini bisa kamu jadikan masker atau dipakai sehari-hari di bawah makeup. Beberapa face oil yang bagus buat kuit kusam antara lain rosehip seed oil, marula oil, coconut oil, argan oil, jojoba oil, grapeseed oil, avocado oil, dan castor oil.

Scrub wajah (besthealthmag.ca)

Lakukan eksfoliasi

Nggak kalah penting juga untuk melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, menyamarkan garis kerutan dan mencegah pori-pori tersumbat. Kalau kulitmu kering, bisa eksfoliasi atau atau dua kali seminggu. Selain bisa pakai produk face scrub, kamu juga bisa pilih exfoliating toner kayak Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner, Pixi Glow Tonic, atau  COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

Pakai sunscreen

Nggak pernah melindungi wajah dari sinar matahari langsung bisa bikin wajahmu makin kusam dan warnanya nggak merata. Makanya, selalu pakai sunscreen setiap hari sebelum keluar rumah ya, gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"