Merasa Terintimidasi, Banyak Wanita Enggan Olahraga di Gym

Merasa Terintimidasi, Banyak Wanita Enggan Olahraga di Gym

Sebenarnya banyak wanita yang pengen juga olahraga di gym. Mencoba aneka peralatan di gym yang kayaknya keren banget. Selain sehat dan badan yang bagus, juga bisa jadi bahan update medsos yang kece.

Senengkan kalau bisa update "Lagi nge-gym nih, biar sehat," ditambah foto kamu lagi pose di salah satu alat olahraga.

Gym seharusnya menjadi tempat orang-orang beraktivitas untuk menjadi lebih sehat,. Kita bisa menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh ideal. Tapi apa yang terjadi jika tempat yang seharusnya membantu mereka meningkatkan rasa percaya diri, justru sangat berpotensi menyebabkan minder alias tidak percaya diri?

Banyak wanita ingin pergi ke gym (deltalifefitness.com)

Tapi, tempat yang emang didominasi laki-laki ini sering bikin perempuan takut dan minder. Malu juga nanti kalau kelihatan gak tahu apa-apa soal peralatan gym. Apalagi gak tau gimana cara makenya.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa satu dari empat wanita mengalami 'gymtimidation' atau terintimidasi di gym.

Studi yang dilakukan Sure Women terhadap 2.000 wanita di Inggris menunjukkan bahwa 70 persen wanita berusia 18-24 tahun, merasa 'dihakimi' ketika olahraga di gym. Bahkan sebanyak 37 persen merasa tidak cukup pantas pergi ke gym.

Apakah kamu salah satunya, ladies? Ternyata kamu gak sendiri kok.

Selain itu, survei juga mendapatkan data bahwa 28 persen wanita khawatir jika orang-orang akan menilai kalo mereka tidak terlihat menarik ketika olahraga. Hal ini menyebabkan kesadaran pentingnya olahraga pada wanita sangat rendah.

Wanita merasa minder saat ke gym (marketingweek.com)

Padahal kebanyakan wanita justru pengin pergi ke gym karena merasa penampilan mereka kurang oke dan ingin memperbaikinya. Banyak juga yang enggan berolahraga di luar ruangan karena beragam faktor.

"Kami terkejut ketika mendapati banyak wanita tidak sering aktif bergerak dan faktor yang menghalangi mereka untuk olahraga," kata Brand Manager Sure Women Courtney Lucas, seperti dikutip dari Metro.

Padahal ada sekitar 67 persen wanita yang berharap bisa lebih banyak olahraga. Namun alasan seperti 'takut keluar keringat berlebihan' atau 'takut wajahnya jadi kemerahan' mencegah mereka untuk rajin nge-gym.

"Banyak studi yang memperlihatkan gaya hidup tak aktif bisa meningkatkan risiko kematian seperti halnya merokok atau beberapa penyakit kanker. Tapi sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mereka lebih aktif yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," jelas Dr Sarah Jarvis, pakar kesehatan wanita.

Olahraga sangat penting untuk kesehatan (medicalnewstoday.com)

Gym menjadi pilihan yang menyenangkan untuk berolahraga. Fasilitasnya lengkap, tidak perlu terpapar sinar matahari dan nyaman. Seharusnya begitu.

Buat kamu yang pengen pergi ke gym ajaklah teman untuk olahraga bersama. Selain itu kamu bisa cari referensi gym yang khusus untuk wanita. Kalau gak, pergi aja pas gym masih sepi, bisa di pagi atau siang hari.

Jangan takut untuk mencoba dan carilah trainer buat melatih kamu. Kalo gak tepat nanti kamu bisa cedera soalnya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"