Mengenal Beauty Anxiety, Rasa Cemas yang Sering Menyerang Perempuan

Mengenal Beauty Anxiety, Rasa Cemas yang Sering Menyerang Perempuan

Standar kecantikan  yang selalu menitikberatkan pada penampilan tanpa sadar dapat menimbulkan beauty anxiety bagi sebagian perempuan. Pasalnya, mereka merasa bahwa penampilan yang mereka miliki masih jauh di bawah standar yang sempurna.  Hal inilah yang kemudian membuat para perempuan merasa cemas dan takut ditolak, karena penampilannya tidak memenuhi standar kecantikan yang ada. 

Parahnya, fenomena beauty anxiety ini rupanya sudah mulai mengakar pada generasi muda saat ini. Semakin banyak yang terjangkit, maka semakin tinggi pula tingkat kecemasan yang muncul sehingga bisa berdampak pada masyarakat secara umum. Sebenarnya apa itu beauty anxiety? Bagaimana pula cara menghadapinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Beauty Anxiety?

Unik Beauty Anxiety (via Dao Insights)

Beauty anxiety merupakan bentuk kecemasan yang timbul karena adanya tekanan sosial dan budaya dalam memenuhi standar kecantikan. Alhasil, para perempuan yang merasakan kecemasan ini merasa takut ditolak oleh lingkungan karena penampilan mereka tidak sesuai dengan standa kecantikan yang ada. 

Beauty anxiety dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari perasaan tidak percaya diri terhadap penampilan fisik, selalu membandingkan diri dengan orang lain, dan juga kekhawatiran tentang penilaian orang lain terhadap penampilan.

Faktor Penyebab Beauty Anxiety



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"