Mengagumkan! Sosok Wanita Pertama di Indonesia Jadi Teknisi Pesawat Tempur F-16

Mengagumkan! Sosok Wanita Pertama di Indonesia Jadi Teknisi Pesawat Tempur F-16

Pesawat F-16 merupakan jenis pesawat tempur  yang dimiliki TNI Angkatan Udara . Pesawat tersebut memiliki teknisi yang harus melakukan banyak persiapan sebelum pesawat itu lepas landas. Adalah Letda Ida Ayu sosok teknisi pesawat itu. Ia adalah wanita pertama yang melakukan tugas berat ini.

Dilansir dari channel YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Ida mengaku sangat bangga menjadi teknisi wanita satu-satunya untuk pesawat F-16. “Saya masuk Angkatan Udara tahun 2018, kebanggaan bagi saya karena nggak semua orang khususnya wanita bisa menjadi teknisi F-16,” ujar Ida.

Ida menambahkan bahwa di lingkungan pekerjaannya sebagai teknisi, mayoritas adalah para laki-laki dan dia satu-satunya wanita. Namun hal itu tidak membuat Ida jadi tidak percaya diri. Justru ia ingin membuktikan bahwa apa yang dikerjakan. “Jadi teknisi pilot pesawat itu nggak main-main,” kata Ida.

Sosok Wanita Pertama di Indonesia Jadi Teknisi Pesawat Tempur F-16 (YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)

Ida berada di garda paling depan yang harus menjaga keselamatan pilot pesawat tempur saat menjalani tugasnya di udara. Ida harus memastikan apakah pesawat yang akan terbang layak digunakan atau tidak, dia harus memeriksa dengan detail. “Kalau ada kerusakan saya info ke penerbang, supaya ganti pesawat lain dan saya siapkan,” imbuhnya.

Ida menjadi TNI karena dorongan dari orangtunya. Orangtuanya pernah mengatakan kepadanya bahwa sosok TNI wanita di Indonesia sangat menakjubkan. Hal itu membuat Ida tertarik dan akhirnya dia diterima di TNI Angkatan Udara sebagai teknisi pesawat tempur.

“Lulus SMA saya memastikan jadi tentara, bangga jadi TNI Angkatan Udara karena bisa mengharumkan negara, dan bikin bangga keluarga, teman, dan sekolah saya dulu,” ucap Ida. Ida memiliki orangtua yang tidak memiliki latar belakang TNI. Ayahnya seorang wiraswasta dan ibunya jadi ibu rumah tangga biasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"