Mata Pedih Akibat Pakai Sunscreen? Jangan Panik, Lakukan Upaya Pertolongan dan Hindari Hal Ini!

Mata Pedih Akibat Pakai Sunscreen? Jangan Panik, Lakukan Upaya Pertolongan dan Hindari Hal Ini!

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu produk skincare yang hukumnya wajib. Baik di dalam maupun di dalam rumah, penggunaan sunscreen penting untuk melindungi kulit wajah dari sengatan jahat sinar matahari.

Kendati begitu, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya, ya Gengs. Area mata merupakan area yang rawan terhadap kandungan utama pada sunscreen, sebab bisa membuatnya perih bahkan meninggalkan rasa terbakar setelahnya.

Meski tabir surya tidak menyebabkan kerusakan mata permanen, tapi tabir surya dapat menyebabkan luka bakar kimiawi pada permukaan mata dan bisa menyakitkan selama beberapa hari. Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Jika pernah, jangan panik, Gengs. 

Dilansir dari Essilor, menurut Kory S. Cummings, OD, seorang dokter mata di Fort Worth, Texas, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk meminimalkan ketidaknyamanan akibat tabir surya di mata.

Ilustrasi Memakai Sunscreen (Orami)

Jangan Panik

Pertama dan terpenting adalah jangan panik. Segera lepas lensa kontak dengan hati-hati jika kamu memakainya. Kemudian siram mata dengan air untuk meringankan rasa perih yang terjadi.

Pakai Obat Tetes Mata

Jika mata tampak kemerahan, gunakan obat tetes mata yang dibuat tanpa bahan pengawet setiap jam. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan kandungn non-pengawet memastikan tidak ada bahan kimia tambahan yang dimasukkan ke dalam mata yang sudah meradang.

Jangan Pakai Lensa Kontak

Hindari penggunaan lensa kontak selama 48 jam atau sampai iritasi mata benar-benar sembuh. Dengan begitu, mata juga bisa beristirahat dengan baik selepas iritasi. Kamu juga mengistirahatkan mata dengan memejam lebih lama.

Memasukkan lensa kontak ke mata yang sudah teriritasi dapat semakin mengiritasi mata. Kamu sangat direkomendasikan untuk tetap menggunakan kacamata sampai infeksinya sembuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"