Masih Takut Belanja Skin Care dan Makeup Online? Baca Dulu Tips Ini

Masih Takut Belanja Skin Care dan Makeup Online? Baca Dulu Tips Ini

Tips beli produk kecantikan secara online biar bisa untung tanpa ketipu.

Jaman sekarang ini, makin banyak orang milih buat belanja online. Kenapa? Karena banyak banget keuntungannya, kayak lebih praktis, nggak perlu usaha buat datang ke toko ditambah macet dan bayar ongkos kendaraan, juga nggak perlu keliling toko demi cari sebuah barang, ditambah lagi kalau belanja online sering banyak diskon, beberapa harga lebih murah, plus ada promo gratis ongkir. Tapi kalau urusan beli makeup atau skin care, masih ada yang ragu buat belanja online karena takut nggak cocok, salah warna, atau kemasan rusak dalam pengiriman. 

Buat yang masih takut beli produk kecantikan secara online, bisa coba mengkuti tips ini. 

Belanja online (mena.yougov.com)

Rajin baca review sebelum membeli

Terutama buat produk yang belum pernah dibeli, belanja produk kecantikan emang tricky. Tapi kamu bisa ngatasin keraguan ini dengan rajin baca review dari pengalaman orang yang udah pernah pakai dan lihat di orang dengan warna kulit atau masalah kulit yang mirip. Misalnya nih, kamu mau beli foundation, bisa lihat orang-orang dengan warna kulit yang mirip. Jangan cuma baca satu review, kamu perlu meriset lebih banyak biar bisa sesuai. 

Dari review tersebut, kamu juga bisa mendengar pengalaman orang lain tentang bagaimana produk itu bekerja. Misalnya, berapa lama sih jerawat kempes pakai produk A, atau seberapa tahannya sih foundation B kalau dipakai di kulit berminyak.

Jangan gampang percaya (ecommercecosmos.com)

Pilih online shop yang bisa dipercaya

Saat ini, ada banyak banget pilihan online shop dan e-commerce yang jual produk kecantikan. Tapi kamu harus cerdas memilih mana penjual yang bisa dipercaya. Kalau di e-commerce, kamu bisa baca-baca review dari orang yang pernah beli, juga bisa lihat bintangnya. Biasanya cukup mudah kok melihat penjual yang trusted. Bahkan kamu juga bisa browsing di internet untuk membaca pengalaman orang yang pernah belanja di sana. Kalau emang pernah menipu atau sejenisnya, biasanya juga ada review di blog orang.

Mencoba belanja produk kecantikan online (vitalizemagazine.com)

Tanyakan garansi barang

Namanya belanja online, pasti akan pakai jasa pengirimian. Nah, risikonya adalah barang bisa rusak saat dikirim, misalnya botol toner pecah, eyeshadow retak, lisptik patah, dan sebagainya. Kamu perlu menanyakan pada penuual soal keamanan dan garansi barang. 

Cari tau gimana sih dia mengemas setiap barang sebelum dikirim? Apakah pakai bubble wrap di setiap produk atau enggak. Terus tanya juga apa ada garansi kalau barang rusak dalam perjalanan, juga kemungkinan tukar barang kalau warnanya beda dengan foto. Pokonya, tanya semua hal yang bikin kamu ragu belanja online. 

Jangan ketipu harga murah

Memang cukup sering orang beli barang lebih murah di online shop, tapi ingat kalau nggak semuanya selalu dijual lebih murah. Kamu mungkin nggak tau kalau waktu orang lain beli, memang lagi diskon atau dia punya voucher potongan harga. Tetaplah waspada waktu mau beli produk dengan harga murah. Kalau dia memang jual jauh lebih murah padahal tanpa diskon, harus curiga keasliannya. Buat tau harga asli suatu produk, jangan malas buat cari harganya di toko lain.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"