Makanan yang Bagus Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Makanan yang Bagus Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Makan sehat saat menyusui bermanfaat bagi ibu dan bayi yang disusui. Pola makan yang sehat untuk ibu menyusui harus mencakup banyak kalsium, zat besi, potasium, dan vitamin A dan D. Ibu menyusui harus berusaha mendapatkan nutrisi tersebut melalui berbagai makanan, karena sangat membantu untuk memaparkan bayi pada rasa yang berbeda.

Makanan yang Seharusnya Dimakan Ibu Menyusui

Ibu menyusui harus makan jumlah kalori yang tepat dan makanan yang tepat. Para ibu biasanya membutuhkan tambahan 450 hingga 500 kalori per hari untuk menopang tubuh mereka. Namun, jika kamu ingin menurunkan berat badan setelah kehamilan, kamu mungkin tidak perlu menambah asupan kalori. Meski begitu, perlu untuk tetap mendiskusikan dengan dokter.

Adapun makanan yang baik untuk dimakan saat menyusui, berikut adalah beberapa jenis makanan dan nutrisi yang harus kamu sertakan dalam menu makanan:

Makanan untuk ibu menyusui (alodokter.com)

1. Protein. Protein adalah komponen penting dari diet menyusui. Kebanyakan ibu membutuhkan tambahan 25 gram protein setiap hari. Sumber protein yang baik termasuk daging sapi tanpa lemak, buncis, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Sayuran. Target ibu menyusui yang baik adalah mengonsumsi tiga cangkir sayuran per hari. Sayuran dikemas dengan nutrisi, vitamin dan antioksidan. Beberapa pilihan yang baik antara lain wortel, tomat, bayam, paprika merah, kangkung, dan ubi jalar.

3. Produk susu. Mengkonsumsi banyak susu dapat membantu mengisi kembali kalsium yang dapat ditarik oleh kehamilan dan menyusui dari tulang ibu. Ibu harus mendapatkan tiga atau lebih cangkir produk susu per hari. Ini bisa termasuk susu, keju, dan yogurt.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"