Lebih Bijak Lagi Yuk, Begini Lho Tips Menghindari Hidup Boros

Lebih Bijak Lagi Yuk, Begini Lho Tips Menghindari Hidup Boros

Mengatur keuangan di zaman ketika semua harga barang naik memang bukan hal mudah. Apalagi kalau kamu memiliki hobi belanja, wah bisa lebih susah menahan diri agar tidak boros. Lantas, bagaimanakah cara agar tidak boros  dan bisa lebih hemat lagi dalam mengatur keuangan?

Kalau kamu ingin mencoba untuk lebih bijak dalam menggunakan uang dan juga bisa mengatur keuangan agar tidak terlalu boros, yuk belajar berhemat dengan cara-cara berikut ini.

Catat Pengeluaran

Cara Agar Tidak Boros (via Okezone Ekonomi)

Cara pertama agar kamu enggak boros adalah dengan mencatat semua pengeluaran kamu baik sedikit atau banyak selama satu bulan. Dengan begitu kamu bisa tahu kemana saja aliran danamu itu pergi. Agar tidak lupa, buat catatan pengeluaran setiap satu minggu sekali dan catat berapa uang yang masih tersisa.

Bayar Semua Tagihan di Awal

Berapapun penghasilanmu setiap bulan, sebaiknya dahulukan membayar semua tagihan yang kamu miliki di awal. Seperti cicilan rumah, listrik, air, internet, makanan, dan biaya penting lainnya.

Makanan biasanya menjadi pengeluaran terbesar. Nah agar lebih hemat, beli makanan yang tidak mudah busuk untuk dijadikan stok di rumah. Karena pembelian dalam jumlah besar biasanya akan mendapatkan harga grosir.

Jangan Berhutang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"