Ladies, Jangan Makan Ini Kalau Mau Punya Kulit Glowing

Ladies, Jangan Makan Ini Kalau Mau Punya Kulit Glowing

Sebanyak-banyaknya atau semahal-mahalnya skincare yang dipakai, akan menjadi sia-sia untuk kulit apabila tidak diimbangi dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ya, premis 'kita adalah apa yang kita makan' agaknya memang benar adanya. Diet dan nutrisi memang berperan besar dalam kesehatan kulit.

Kita tahu makanan apa saja yang harus ditingkatkan untuk kesehatan kulit, misalnya sayuran hijau, lemak baik, dan buah-buahan. Pokoknya yang sehat dan bergizi lah. Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari?

Berikut adalah empat makanan yang harus dihindari jika kamu ingin membuat kulitmu glowing, yaitu:

1. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, pasta, pastry, sereal, dan nasi putih, dianggap merugikan kesehatan kulit. Kenapa? Sebab indeks glikemik tinggi dalam makanan ini berubah menjadi gula yang menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak diinginkan.

Lonjakan darah yang terlalu cepat dapat mengakibatkan peradangan dalam jangka panjang dan mempercepat proses penuaan akibat penurunan kolagen dan elastin.

Cobalah untuk menukar asupan karbohidrat dan tepung dengan biji-bijian, beras merah, quinoa, atau ubi jalar. Mengonsumsi makanan ini dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit, lho.

Sereal, Salah Satu Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi (KlikDokter)

2. Makanan terbuat dari susu

Berbagai komponen dalam produk susu sapi mengandung hormon peningkat testosteron yang dapat membuat kelenjar sebaceous kita bekerja berlebihan. Kalau kamu belum siap untuk berkomitmen pada diet bebas susu sepenuhnya (misalnya susu nabati atau susu kacang), cobalah jenis produk susu yang berbeda, seperti susu kambing atau susu domba.

3. Goreng-gorengan

Senyawa yang dibuat saat makanan dimasak dalam minyak pada suhu tinggi telah diketahui menyebabkan peradangan dan kulit kusam. Makanan yang digoreng memiliki lemak jenuh yang teroksidasi, atau lemak jahat, dan menghambat pembaharuan sel. Akibatnya, kulit jadi lebih mudah bengkak dan kusam.

Beralih lah ke makanan yang mengandung lemak baik seperti kacang kenari, alpukat, dan ikan air dingin seperti makarel, sarden, dan ikan salmon.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"