Kulit Berjerawat Perlukan Pilih Sunscreen dengan SPF Tinggi? Ini Penjelasannya

Kulit Berjerawat Perlukan Pilih Sunscreen dengan SPF Tinggi? Ini Penjelasannya

Kondisi wajah yang lagi berjerawat memang membuat kita khawatir untuk memakai kosmetik atau skincare yang tidak tepat. Termasuk dalam penggunaan sunscreen.

 

Namun meski demikian, wajah berjerawat akan semakin parah jika kita sama sekali tidak menggunakan sunscreen di kala terkena paparan sinar matahari.

 

"Kalau kulit komedo atau peradangan ringan itu harus pakai sunscreen. Karena kalau terpapar sinar matahari itu bikin jerawat makin meradang, makin parah," jelas Medical Expert Innovation dr. Claudia Christin ditemui di acara BeautyHaul Mart 2023 di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

 

"Kecuali yang berobat dengan dokter biasanya karena jerawat besar, mungkin dokter akan sarankan stop penggunaan sunscreen karena meminimalisir jadi memburuk," imbuhnya.

 

Dari penjelasan dokter Claudia, biasanya ia akan melarang pasiennya memakai sunscree bila kondisi jerawatnya sedang parah.

 

Tapi bila jerawat masih dalam kondisi yang cukup biasa, ia akan menyarankan pasiennya untuk menggunakan sunscreen khusus kulit berminyak.

Tips memilih SPF sunscreen untuk kulit berjerawat (pexels.com)

 

"Physical sunscreen itu jenis sunscreen yang cenderung untuk jenis kulit sensitif," katanya.

 

Nah untuk teksturnya pun perlu dipilih yang berbentuk gel karena akan lebih ringan dan mudah menyerap.

 

"Kulit berjerawat, berminyak cenderungnya bisa cari yang bentuknya gel. Jadi lebih ringan, cepat menyerap, dan kemungkinan sumbat pori-pori lebih kecil," tuturnya.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"