Sebelum Pilih Skincare, Kenali 5 Jenis Kulit dan Ciri-Cirinya Berikut Ini

Sebelum Pilih Skincare, Kenali 5 Jenis Kulit dan Ciri-Cirinya Berikut Ini

Semua jenis kulit butuh mendapatkan perawatan setiap hari. Namun, jenis kulit yang berbeda—kulit berminyak, kering, normal, kombinasi, dan sensitif—memiliki kebutuhan yang berbeda. Itu sebabnya memahami jenis kulit adalah langkah awal untuk dapat merawatnya dengan benar. Namun bagaimana cara mengetahui jenis kulit yang kamu miliki? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini!

5 Jenis Kulit dan Ciri-Cirinya

Sebelum membeli skincare atau memakai produk kulit tertentu, kenali dulu agar kulitmu tidak iritasi. Berikut ini 5 jenis kulit dan ciri-cirinya yang perlu kamu tahu:

1. Kulit Kering

Kulit kering umumnya menghasilkan lebih sedikit minyak alami dibandingkan jenis kulit lainnya. Hal ini dapat menyebabkannya tampak kusam dan kasar, bersisik, atau bahkan bersisik. Seringkali kulit terasa kencang atau kurang elastis, terasa dehidrasi, dan cenderung menunjukkan garis-garis halus yang lebih terlihat. Selain itu, mungkin menjadi gatal atau iritasi.

Rutinitas perawatan kulit untuk kulit kering harus mencakup bahan-bahan yang lembut, menenangkan, dan menghidrasi yang membantu menjaga pelindung kelembapan kulit—seperti ceramide. 

2. Kulit Berminyak

Ciri-ciri kulit berminyak (deamerina.com)

Kulit berminyak menghasilkan sebum berlebih yang menyebabkan kulit tampak berkilau dan berminyak—terutama di seluruh zona T (dahi, hidung, dan dagu). Orang dengan kulit berminyak cenderung memiliki lebih sedikit kerutan, namun mereka juga lebih rentan terhadap pori-pori yang membesar, noda jerawat, komedo hitam, dan komedo putih.

3. Kulit Normal

Kulit normal seimbang—tidak terasa terlalu kering atau terlalu berminyak. Tidak mudah berjerawat, mengelupas, atau terasa berminyak atau kencang. Orang dengan kulit normal biasanya memiliki pori-pori yang kecil, tekstur kulit yang halus, dan tidak mudah mengalami sensitivitas atau noda. Namun, meskipun kulit normal tidak memiliki masalah atau kekhawatiran tertentu, kulit normal tetap memerlukan perawatan kulit yang tepat agar terlihat dan terasa terbaik. Rutinitas kulit normal yang ideal membantu menjaga hidrasi kulit Anda dengan mengunci kelembapan dan mendukung pelindung kulit Anda.

4. Kulit Kombinasi

Jenis kulit ini dapat bervariasi pada musim yang berbeda dalam setahun, dan disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres atau fluktuasi hormon. Pembersihan dan hidrasi yang efektif adalah kunci untuk merawat kulit yang berminyak atau normal di beberapa tempat dan kering di tempat lain.

5. Kulit Sensitif

Kulit sensitif sering disebut juga kulit sensitif berminyak, kulit sensitif kering, atau kulit sensitif normal. Apa pun jenis kulit yang kamu miliki, jika kamu memiliki kulit sensitif, kulitmu mungkin tampak merah dan terasa seperti terbakar, gatal, atau kering. Gejala-gejala ini mungkin berhubungan dengan kulit yang lebih rentan terhadap iritasi eksternal dan mungkin dipicu oleh bahan-bahan tertentu—seperti pewarna atau pewangi—serta faktor lingkungan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"