Kenali Sebelum Terlambat, Ini 4 Ciri-ciri Toxic Productivity yang Harus Dihindari

Kenali Sebelum Terlambat, Ini 4 Ciri-ciri Toxic Productivity yang Harus Dihindari

Sebagian orang mungkin tidak menyadari kalau sedang terjebak dalam ciri-ciri toxic productivity. Mereka berpikir, bahwa telah melakukan banyak hal produktif merupakan hal yang baik, padahal hal tersebut bisa berubah menjadi hal yang toxic karena telah mengganggu waktu istirahat yang dimiliki.

Mengutip laman Klikdokter, toxic productivity merupakan keinginan untuk terus menjadi produktif setiap saat dengan cara apapun tanpa memedulikan waktu. Orang yang terjebak dalam toxic productivity umumnya bekerja ekstra di tempat kerja atau di rumah.

Eits, jangan samakan toxic productivity dengan workaholic ya. Dua kebiasaan tersebut benar-benar berbeda. Orang yang berada dalam toxic productivity berpikir bahwa ketika dia tidak produktif maka mereka tidak akan berkembang dan seperti telah melakukan kesalahan besar.

Sementara orang-orang yang workaholic hanya suka bekerja melebihi batas waktu yang telah ditentukan, hingga membuat sisi lain dari kehidupannya terbengkalai. Nah, kalau kamu mau terhindar dari toxic productivity, yuk simak ciri-cirinya berikut ini seperti dikutip dari Klikdokter!

1. Terobsesi Menjadi Produktif

Ciri-ciri Toxic Productivity (via Suara.com)

Ciri pertama orang yang terjebak dalam toxic productivity adalah dia terlalu terobsesi untuk menjadi produktif. Menjadi produktif memang hal yang baik, tetapi kalau sudah berlebihan dan sampai mengorbankan kesehatan, jadinya tidak baik kan.

2. Merasa Bersalah Jika Tidak Produktif

Ciri lain dari orang yang terjebak dalam toxic productivity adalah dia merasa bersalah jika hanya berdiam diri dan tidak melakukan apapun, meski hanya karena istirahat sejenak. Padahal setiap orang membutuhkan jeda waktu untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuhnya.

3. Tidak Pernah Puas



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"