Inilah 9 Cara Mengatasi Rambut Kusut yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah 9 Cara Mengatasi Rambut Kusut yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Mengatasi Rambut Kusut

Cara Mengatasi Rambut Kusut Ilustrasi Rambut Indah (PortalMadura.com)


Memiliki rambut indah, halus, lembut bagai sutra adalah dambaan setiap wanita. 

Namun, tak jarang banyak wanita mengalami kerusakan pada rambutnya. 

Alih-alih mendapatkan rambut indah nan sehat, justru yang mereka rasakan adalah rambut lepek, kusut, rontok, dan lain-lain.

Meski demikian, memiliki rambut indah dan sehat bukanlah hal mustahil. Asalkan, kamu ikutin tips di bawah ini ya, ladies! Check this out :)

1. Gunakan sisir bergigi jarang

Untuk kamu yang memiliki rambut mudah kusut, sisir bergigi jarang adalah pilihan terbaik. Sisir ini akan menguraikan rambut yang kusut tanpa membuatnya rontok dan patah. 

Sisir bergigi rapat atau sisir dengan bentuk kepala bulat hanya akan membuat rambut rapuhmu bertambah buruk. Jangan lupa untuk selalu menyisir rambut setiap hari ya.

2. Pakai conditioner

Ilustrasi Pakai Conditioner (Cosmopolitan Indonesia)

Sampo saja tidak cukup membersihkan rambutmu. Karena tidak jarang, sampo juga membuat kulit kepala menjadi kering. Kamu juga harus pakai produk conditioner yang fungsi utamanya adalah mengunci kelembapan sehingga rambutmu tidak akan kering. 

Dengan memakai conditioner juga akan membuat rambutmu lembut dan mudah untuk disisir. Cara memakai conditioner adalah dengan mengaplikasikannya dari tengah hingga ujung rambut. Tunggu selama beberapa menit sebelum dibilas.

3. Memakai produk yang ditujukan untuk mengurangi kekusutan

Tidak hanya conditioner, kamu juga bisa menggunakan produk khusus rambut seperti spray, vitamin, dan serum yang bisa mengurangi kekusutan. 

Semprotkan atau pakaikan produk tersebut di area rambut kusut. Jangan disisir secara paksa ya. Setelah itu, pijat atau 'remas' pelan rambutmu lalu mulailah disisir. Kamu juga bisa menggunakan jari-jari tangan jika dirasa sisir terlalu berat untuk rambutmu.

4. Aplikasikan minyak

Selain conditioner, oil juga berperan penting bagi kesehatan rambut. Ada banyak jenis minyak yang bisa diaplikasikan ke rambut. Misalnya, organic coconut oil serta campuran jojoba oil dan olive oil. Ketiga minyak ini cocok untuk tipe rambut apa saja.

5. Pakai hair mask seminggu sekali

Produk hair mask sangat berguna untuk memperbaiki tekstur rambut. Dengan formulanya yang ajaib, hair mask dapat menjaga kelembapan dan melembutkan kutikula rambut yang kering sehingga ketika diraba, rambutmu akan terasa halus. 

Kamu juga bisa membuat hair mask yang terdiri atas madu, yogurt, dan almond oil. Campurkan ketiga bahan ini di dalam mangkok kecil, lalu aplikasikan ke rambut yang kondisinya kering dan tidak basah. 

Tunggu selama kurang lebih 20 menit, kemudian dibilas. Bahan alami lainnya adalah lemon yang lalu diperas dan dicampurkan ke dalam dua cangkir air putih. Aplikasikan ke kulit kepala sambil dipijat.

6. Hindari penggunaan alat styling yang terus-menerus

Sesekali memang boleh, tapi jika keseringan atau terus-menerus, alat styling hanya akan merusak rambutmu. Alat styling, seperti pelurus, pengeriting, dan pengering rambu, mengantarkan gelombang panas yang menurunkan level kelembapan rambut. 

Sebagai perlindungan, jika memang kamu harus memakai alat styling setiap hari, aplikasikan produk heat protectan sebelum menggunakan hair dryer, pelurus, atau pengeriting rambut.

7. Keramas dengan air dingin



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"