Hobi Ngatur, Ini Ciri-Ciri Control Freak yang Sering Dinilai Menyebalkan

Hobi Ngatur, Ini Ciri-Ciri Control Freak yang Sering Dinilai Menyebalkan

Memiliki teman atau atasan yang menunjukkan ciri-ciri control freak memang menyebalkan dan bikin pusing kepala. Bagaimana tidak, mereka selalu ingin mendominasi dan sulit untuk bekerjasama. Bahkan, mereka merasa hanya dirinyalah yang bisa mengerjakan sesuatu dengan baik, sehingga mereka cenderung suka mengatur orang lain.

Memang apa sih yang dimaksud dengan control freak? Kenapa orang-orang ini dianggap menyebalkan bagi sebagian kalangan?

Mengutip laman Alodokter, control freak merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan seseorang yang selalu ingin  mengontrol banyak hal di sekitarnya agar sesuai dengan kemauannya. Mereka tidak hanya mengatur apa yang menjadi kewajibannya, namun hal-hal diluar tanggungjawabnya pun akan diatur sesuai kemauannya.

Dalam beberapa bidang pekerjaan, menjadi control freak memang bermanfaat. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, perilaku control freak bisa menyebabkan rasa cemas berlebih yang bisa berujung pada stres.

Nah, agar bisa cepat diatasi, coba deh cek apa saja ciri-ciri control freak yang dianggap menyebalkan. Jangan sampai ada di dalam dirimu, ya!

1. Menuntut Hal yang Tidak Masuk Akal

Ciri-Ciri Control Freak (via iStock)

Mengutip laman Alodokter, orag dengan control freak biasanya berusaha mengatur semua hal agar sesuai dengan apa yang dia mau. Tidak jarang mereka menuntut hal yang tidak masuk akal untuk menjadi kenyataan. Bahkan mereka bisa lho mengatur kehidupan orang lain yang tidak ada hubungan dengan dirinya.

2. Merasa Selalu Benar

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa seorang control freak selalu merasa hanya dirinya yang bisa dan paling benar. Karena itu, mereka selalu menyepelekan kemampuan orang lain dan tidak ragu untuk mengkritik. Hal ini dia lakukan agar dia dipandang paling hebat diantara teman-temannya yang lain.

3. Gaslighting



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"