Hilangkan Trauma, Begini Cara Mengatasi Phobia Jatuh Cinta

Hilangkan Trauma, Begini Cara Mengatasi Phobia Jatuh Cinta

Jatuh cinta memang berjuta rasanya, tapi bagaimana jika ada hal menyakitkan dan membuat seseorang menjadi phobia jatuh cinta ? Apakah rasa takut jatuh cinta bisa diatasi?

Phobia jatuh cinta atau bisa disebut dengan Philophobia adalah rasa takut jatuh cinta atau rasa takut untuk menjalin hubungan dengan orang lain secara intim. Jika banyak orang menganggap cinta itu indah, namun orang-orang yang menderita philophobia tidak akan merasakan hal serupa.

Orang dengan philophobia merasa lebih baik sendiri dan membiarkan diri mereka kesepian. Mereka merasa tidak cocok dengan masyarakat dan tidak pantas untuk dicintai.

Mengutip Medical News Today melalui Orami, banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menderita phobia jatuh cinta, diantaranya adalah insiden atau trauma, pengalaman negatif di masa kecil, dan faktor genetika. Lantas bagaimana cara mengatasi phobia jatuh cinta yang dialami seseorang?

1. Terapi

Phobia Jatuh Cinta (via Gaya Tempo)

Seseorang yang menderita philophobia dapat menjalani terapi khusus yang berhubungan dengan perilaku kognitif yang baik untuk mengatasi ketakutan yang dirasakan. Terapi ini melibatkan identifikasi dan perubahan keyakinan, pemikiran dan reaksi negatif terhadap sumber fobia.

Seseorang yang menderita phobia ini wajib mengetahui apa sumber ketakutannya, dengan begitu akan lebih mudah untuk menyembuhkan.

2. Pengobatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"